ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BERBASIS EKONOMI LOKAL PADA UMKM KOPI MURIA DI KABUPATEN KUDUS

FURQON, Muhammad and WOYANTI, Nenik,(11 September 2019), ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BERBASIS EKONOMI LOKAL PADA UMKM KOPI MURIA DI KABUPATEN KUDUS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12020115130146.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu varian produk kopi lokal di Indonesia adalah Kopi Muria yang berasal dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Usaha ini merupakan bentuk dari pengembangan ekonomi lokal di Kabupaten Kudus yang memanfaatkan potensi lokalnya berupa tanaman kopi yang dikembangkan di Gunung Muria. Namun, kelompok UMKM yang belum lama dirintis ini mengalami berbagai permasalahan terkait pengembangan usaha guna terciptanya daya saing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aspek permasalahan pengembangan, solusi utama pada masing-masing aspek permasalahan, dan strategi pengembangan daya saing bagi UMKM Kopi Muria. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif dan pendekatan Analytical Network Process (ANP) untuk mendapatkan prioritas terkait aspek permasalahan utama, solusi utama pada masing-masing aspek permasalahan, dan prioritas rekomendasi strategi pengembangan guna meningkatkan daya saing. Data primer diperoleh dari 10 pakar ahli penelitian yang terdiri dari unsur instansi pemerintahan, unsur pelaku usaha, dan unsur organisasi masyarakat. Data sekunder diperoleh dari berbagai data publikasi Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek permasalahan pengembangan yang dihadapi adalah aspek proses industri sebagai aspek permasalahan utama, aspek sumberdaya manusia, aspek orientasi produk, aspek institusi, dan aspek bahan baku. Solusi utama pada aspek proses industri adalah dengan meningkatkan jaringan industri serta kemitraan guna menunjang riset dan pengembangan usaha. Solusi utama pada aspek SDM adalah mengikutsertakan SDM pada pelatihan pengolahan kopi bersertifikasi. Solusi utama pada aspek orientasi produk adalah dengan meningkatkan citra lokal kopi muria melalui kegiatan branding dan promosi. Solusi utama pada aspek institusi adalah peningkatan peranan dan koordinasi serta sinergisitas dari organisasi-organisasi yang bersinggungan langsung dengan UMKM Kopi Muria. Dan solusi utama pada aspek bahan baku adalah pemberlakuan metode petik merah guna menjaga kualitas dari bahan baku. Rekomendasi strategi pengembangan daya saing adalah peningkatan efisiensi dan produktivitas produk UMKM Kopi Muria melalui ketersediaan alat-alat produksi dan kemampuan penguasaan teknologi yang didukung oleh kondusifitas dari iklim usaha serta luasnya jaringan kemitraan dan kuatnya integrasi industri dari hulu ke hilir guna meningkatkan kapasitas industri untuk dapat bersaing secara lebih luas.
Keywords : MSMEs, Competitiveness, Development Strategy, Local Economic, ANP (Analytic Network Process), Kopi Muria, UMKM, Daya Saing, Strategi Pengembangan, Ekonomi Lokal, ANP (Analytic Network Process), Kopi Muria
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:24
Last Modified: 15 Jun 2020 02:24
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4690

Actions (login required)

View Item
View Item