ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI PRODUK, HARGA PRODUK, DAN IKLAN PESAING TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK MIE INSTAN INDOMIE KE MIE INSTAN MIE SEDAP (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Daerah Tembalang)

DZULHIJJAH, Siti and YOESTINI, Yoestini,(23 August 2011), ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI PRODUK, HARGA PRODUK, DAN IKLAN PESAING TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK MIE INSTAN INDOMIE KE MIE INSTAN MIE SEDAP (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Daerah Tembalang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S -Fulltext PDF Bookmarks - C2A309012.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi produk, harga produk, dan iklan pesaing terhadap keputusan perpindahan merek mie instan. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen mie instan Indomie yang telah berpindah ke mie instan Mie Sedap dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,162 X1 + 0.181 X2 + 0,510 X3 + 0,153 X4 Dimana variabel Keputusan Perpindahan Merek (Y), Ketidakpuasan Konsumen (X1), Kebutuhan Mencari Variasi Produk (X2), Harga Produk (X3), dan Iklan Pesaing (X4). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan perpindahan merek. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi produk, harga produk, dan iklan pesaing layak untuk menguji variabel dependen keputusan perpindahan merek. Angka Adjusted R Square sebesar 0,847 menunjukkan bahwa 84,7 persen variasi keputusan perpindahan merek dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 15,3 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam persamaan regresi dalam penelitian ini.
Keywords : Decision Switching Brands, Consumer Dissatisfaction, Needs Variety Seeking Products, Product Price, Ad Competitors, Keputusan Perpindahan Merek, Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Produk, Harga Produk, Iklan Pesaing.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 26 Jun 2020 08:06
Last Modified: 26 Jun 2020 08:06
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item
View Item