SARI, Ratna Dwi Kartika and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(7 June 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL PADA CV. MEGA JAYA MEBEL SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (75kB)
Download (75kB)
Text
Download (23kB)
Download (23kB)
Text
Download (21kB)
Download (21kB)
Text
Download (28kB)
Download (28kB)
Text
Download (113kB)
Download (113kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk,
persepsi harga, dan word of mouth communication terhadap keputusan pembelian
mebel pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang. Dimana variabel independen yaitu
kualitas produk, persepsi harga, dan word of mouth communication
mempengaruhi keputusan pembelian sebagai variabel dependennya.
Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli produk CV. Mega Jaya
Mebel Semarang. Sampel diambil sebanyak 100 orang responden dengan
menggunakan teknik Probability sampling. Data dikumpulkan dengan
menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen.
Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi
berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik,
dan Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji f dan Uji t, serta analisis
Koefisien Determinasi (R
2
)
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi : Y = 0,226 X
+ 0,347 X
2
+ 0,306 X
. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator
pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian
asumsi klasik, model regresi bebas multikolinearitas, tidak terjadi
heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Secara individual, variabel yang
memiliki pengaruh yang lebih besar adalah variabel Persepsi harga dengan
koefisien regresi sebesar 0,347, kemudian diikuti dengan variabel Word of Mouth
Communication dengan koefisien regresi sebesar 0,306 dan yang memiliki
pengaruh paling kecil adalah kualitas produk dengan koefisien regresi sebesar
0,226.. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga
variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi
variabel dependen keputusan pembelian. Kemudian melalui uji f dapat diketahui
bahwa variabel independen layak untuk menguji variabel dependen keputusan
pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 0,505 menunjukkan bahwa
variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk,
persepsi harga dan Word of Moutrh Communication 50,5%, sedangkan sisanya
sebesar 49,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan
dalam penelitian ini.
Keywords : | Purchasing Decisions, Products Quality, Perceptions of Price, Word of Mouth Communication, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Word of Mouth Communication |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 08:12 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 08:12 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5308 |