ZULFIKAR, Muhamad Wimman and KAMAL, H. Mustafa,(19 October 2011), ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Oase Batik Pekalongan). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (35kB)
Download (35kB)
Text
Download (32kB)
Download (32kB)
Text
Download (26kB)
Download (26kB)
Text
Download (26kB)
Download (26kB)
Text
Download (20kB)
Download (20kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (470kB)
Restricted to Repository staff only
Download (470kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fluktuasi penjualan di setiap
bulan pada Oase Batik Pekalongan . Tetapi di Pada akhir Tahun 2010 hingga awal
tahun 2011, terjadi penurunan penjualan berturut-turut dari bulan Desember 2010
hingga Febuari tahun 2011. Penurunan penjualan disebakan oleh beberapa alasan,
salah satunya adalah perilaku konsumen yang selalu melakukan pertimbangan
mengenai produk, harga, promosi dan distribusi sebelum melakukan keputusan
pembelian. Dengan kondisi tersebut, manajemen Oase Batik dituntut untuk
memperhatikan strategi pemasaran yang tepat, salah satunya dengan melihat dari
aspek bauran pemasaran unttuk mencapai misisnya sebagai pemimpin pasar di Kota
Pekalongan.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Oase Batik Pekalongan yang
berada di pasar grosir setono pekalongan. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak
100 responden dengan menggunakan metode Non Probability Sampling yaitu
Accidental Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu
analisis regresi berganda.
Dari hasil analisis yang dilakukan diperoleh persamaan regresi sebagai berikut:
Y = O.250 X1 + 0.335 X2 + 0.204 X3 + 0.248 X4
Variabel harga memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan
pembelian sebesar 0.335, kemudian diikuti oleh variabel produk sebesar 0,250 dan
variabel distribusi sebesar 0,248. Sedangkan variabel promosi mempunyai pengaruh
paling rendah dibandingkan variabel lain sebesar 0.204. Pengujian hipotesis
menggunakan uji t yang menunjukan bahwa ke empat variabel independen yaitu
produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi (X4) yang diteliti terbukti
secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan
pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, harga,
promosi dan ditribusi memang layak untuk menguji variabel dependen keputusan
pembelian. Angka Adjusted R Square menunjukan bahwa 84,6% variasi keputusan
pembelian dapat dijelaskan oleh ke empat variabel independen dalam persamaan
regresi berganda. Sedangkan sisanya sebesar 15,4% dijelaskan oleh vaariabel lain
diluar ke empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | Purchasing Decision, Product, Price, Promotion, Distribution, Keputusan Pembelian, Produk, Harga, Promosi, Distribusi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 07:26 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 07:26 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5494 |