ADI, Albertus Ferry Rostya and YOESTINI, Yoestini,(4 June 2012), ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Waroeng Spesial Sambal cabang Lampersari Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (284kB)
Download (284kB)
Text
Download (272kB)
Download (272kB)
Text
Download (271kB)
Download (271kB)
Text
Download (273kB)
Download (273kB)
Text
Download (360kB)
Download (360kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan di dunia bisnis sekarang sudah semakin ketat. Hal ini juga
dirasakan oleh pelaku bisnis kuliner seperti Waroeng Spesial Sambal. Banyak
usaha-usaha sejenis yang bermunculan dengan ciri khas masing-masing. Agar
pelanggan merasa puas dan tidak berpindah ke temnpat lain, maka perusahaan
harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya.
Kepuasan pelanggan dapat diciptakan melalui harga, kualitas produk dan kualitas
layanan. Secara khusus, penelitian ini membahas tentang kepuasan pelanggan
Waroeng Spesial Sambal cabang Lampersari Semarang. Penelitian ini menguji
tiga variabel independen yaitu harga, kualitas produk,dan kualitas layanan yang
dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh ketiga variabel independen tersebut terhadap kepuasan
pelanggan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner terhadap 100 pelanggan
Waroeng Spesial Sambal yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa
analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji
reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji Goodness of Fit
melalui koefisien regresi (R2), uji F, dan uji t. Analisis kualitatif merupakan
interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang
sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Data-data yang
telah memenuhi uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga
menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0,233 X1 + 0,413 X2 + 0,272 X3
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yang
diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan
melalui uji F dan uji t, sedangkan angka Adjusted R Square sebesar 0,521
menunjukkan 52,1% variasi kepuasan pelanggan Waroeng Spesial Sambal cabang
Lampersari Semarang yang dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen
tersebut, dimana sisanya 47,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian
ini.
Keywords : | Price, Quality Products, Quality Service and Customer Satisfaction, Harga, Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 03:24 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 03:24 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5686 |