WIDOWATI, Chikita Akmelia and WIDIYANTO, Ibnu,(22 June 2011), ANALISIS PENGARUH KUALITAS, LAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP PELANGGAN PLN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (182kB)
Download (182kB)
Text
- Published Version
Download (89kB)
Download (89kB)
Text
- Published Version
Download (122kB)
Download (122kB)
Text
- Published Version
Download (129kB)
Download (129kB)
Text
- Published Version
Download (119kB)
Download (119kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Di Indonesia, penghasil listrik adalah PLN (Perusahaan Listrik Negara). Jadi,
PLN (Perusahaan Listrik Negara) adalah suatu perusahaan yang dapat menghasilkan
listrik dan mengelola untuk dinikmati oleh masyarakat banyak di Indonesia. Sebagai
satu-satunya perusahaan penyedia listrik di tanah air, PLN berusaha untuk terus
meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh komponen masyarakat Indonesia. PLN
sebagai sebuah penyedia jasa pelayanan umum yang mengawasi sektor ketenaga
listrikan di Indonesia berkewajiban untuk selalu meningkatkan bentuk pelayanan
kepada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas,
harga terhadap kepuasan pelanggan industri dan bisnis di Semarang, implikasi
kepuasan pelanggan, dan faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap
sikap pelanggan industri dan bisnis di Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh industri dan bisnis di Semarang
yang menjadi pelanggan PLN. Sampel dalam penelitian ini adalah industri dan bisnis
di Semarang yang menjadi pelanggan PLN. Metode yang digunakan adalah Non
Probability Sampling dengan teknik Accidental Sampling. Metode pengumpulan data
yaitu kuesioner, wawancara.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan antara variabel kualitas produk (X1) terhadap kepuasan pelanggan
(Y1), terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas layanan (X2)
terhadap kepuasan pelanggan (Y1), terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
antara variabel harga (X3 )terhadap kepuasan pelanggan (Y1), terdapat pengaruh
positif dan signifikan anatara variabel Kepuasan pelanggan (Y1) terhadap sikap
pelanggan (Y2). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
diterima.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah indikator variabel kualitas produk,
kualitas pelayanan, harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Saran yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan
kepuasan pelanggan PLN, harus meningkatkan kualitas produk, kualitas layanan,
harga yang diterapkan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
Keywords : | Quality Products, Quality Service, Price, Customer Satisfaction, Customer Attitudes, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Sikap Pelanggan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 08:20 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 08:20 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5864 |