ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG DAN PENINGKATAN SARANA PRASARANA OBJEK WISATA GRAND MAEROKOCO DI KOTA SEMARANG

QOWI, Aiman and ARIANTI, Fitrie,(27 January 2020), ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG DAN PENINGKATAN SARANA PRASARANA OBJEK WISATA GRAND MAEROKOCO DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (64kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (127kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (213kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat karakteristik sosial - ekonomi pengunjung Grand Maerokoco, melihat persepsi wisatawan terhadap Objek Wisata Grand Maerokoco, mengukur tingkat kesediaan membayar wisatawan Objek Wisata Grand Maerokoco di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan Metode Mix Methods, kombinasi antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif diterapkan untuk menganalisis data. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data numerik berupa karakteristik sosio - ekonomi, persepsi wisatawan, dan juga nilai tawaran rata - rata kesediaan membayar wisatawan. Kemudian pendekatan kualitatif berupa indept interview digunakan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan Objek Wisata Grand Maerokoco. Output yang didapatkan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan acuan harga tiket baru dan strategi pengembangan Objek Wisata Grand Maerokoco. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kondisi Objek Wisata Grand Maerokoco melalui indept interview terdapat cukup fasilitas namun masih perlu banyak perbaikan menurut pengunjung yang diwawancarai. Hasil Contingent Valuation Methods terdapat 93% total responden yang bersedia membayar nilai tawaran Willingness to Pay, sehingga diperoleh nilai rata - rata WTP sebesar Rp 14.000 dengan nilai total WTP sebesar Rp 589.610.000. Nilai total WTP ini dapat dijadikan biaya pengelolaan dan pengembangan Objek Wisata Grand Maerokoco.
Keywords : Contingent Valuation Method, Willingness To Pay, Development Strategy, Grand Maerokoco, Semarang City, Indonesia, Contingent Valuation Method, Willingnes To Pay, Strategi Pengembangan, Grand Maerokoco, Kota Semarang, Indonesia
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:25
Last Modified: 29 Jul 2020 04:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6354

Actions (login required)

View Item
View Item