ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI AXIS "PENJUAL GORENGAN"

SETIAWAN, Nugroho Ardhi and DIRGANTARA, I Made Bayu,(30 December 2011), ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI AXIS "PENJUAL GORENGAN". , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmark - C2A607116.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dalam dunia telekomunikasi yang ketat membuat perusahaan- perusahaan operator seluler menyusun strategi agar produknya dapat diterima di pasaran. Para operator seluler, termasuk AXIS melakukan promosi yang gencar, salah satunya melalui periklanan media televisi yang dianggap mampu menjangkau segmen pasar yang luas walaupun dibutuhkan biaya yang sangat mahal. AXIS yang telah menghabiskan biaya besar untuk membuat iklan masih belum mampu bersaing dengan operator seluler lain. AXIS masih berada di bawah salah satu operator seluler yang mengeluarkan biaya iklan lebih sedikit. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana merancang iklan yang ditayangkan tidak biasa, kreatif dan menarik perhatian khalayak sehingga iklan tersebut dapat efektif. Dalam penelitian ini akan menganalisis pengaruh dari kualitaspesan, kreatifitasiklan, endorser dan frekuensi penayangan terhadap efektivitas iklan televisi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 16.0. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Semarang yang pernah menonton iklan AXIS. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 0,209 X1 + 0,181 X2 + 0,190 X3 + 0,345 X4 dimana efektivitas iklan (Y), kualitas pesan iklan(X1), kreatifitas iklan(X2), endorser (X3), dan frekuensi penayangan iklan (X4). Karena nilai koefisien seluruhnya positif, maka hal ini berarti keempat variable tersebut mempunyai hubungan yang positif sejalan dengan variabel dependen Dengan demikian, AXIS harus memperhatikan keeempat hal tersebut untuk menghasilkan iklan yang efektif sehingga biaya besar yang telah dikeluarkan mendapatkan hasil yang sesuai.
Keywords : message quality, creativity, endorser, broadcasting frequency and advertisement effectiveness, kualitas pesan, kreatifitas, endorser, frekuensi penayangan, efetktivitas
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Elok Inajati
Date Deposited: 27 Aug 2020 08:11
Last Modified: 27 Aug 2020 08:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6660

Actions (login required)

View Item
View Item