SETIAWAN, Nugroho Ardhi and DIRGANTARA, I Made Bayu,(30 December 2011), ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI AXIS "PENJUAL GORENGAN". , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (135kB)
Download (135kB)
Text
Download (163kB)
Download (163kB)
Text
Download (164kB)
Download (164kB)
Text
Download (164kB)
Download (164kB)
Text
Download (165kB)
Download (165kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan dalam dunia telekomunikasi yang ketat membuat perusahaan-
perusahaan operator seluler menyusun strategi agar produknya dapat diterima di
pasaran. Para operator seluler, termasuk AXIS melakukan promosi yang gencar,
salah satunya melalui periklanan media televisi yang dianggap mampu
menjangkau segmen pasar yang luas walaupun dibutuhkan biaya yang sangat
mahal. AXIS yang telah menghabiskan biaya besar untuk membuat iklan masih
belum mampu bersaing dengan operator seluler lain. AXIS masih berada di bawah
salah satu operator seluler yang mengeluarkan biaya iklan lebih sedikit.
Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana merancang iklan yang
ditayangkan tidak biasa, kreatif dan menarik perhatian khalayak sehingga iklan
tersebut dapat efektif. Dalam penelitian ini akan menganalisis pengaruh dari
kualitaspesan, kreatifitasiklan, endorser dan frekuensi penayangan terhadap
efektivitas iklan televisi.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan
program SPSS Versi 16.0. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Semarang
yang pernah menonton iklan AXIS. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak
100 orang dengan metode accidental sampling.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk
adalah Y = 0,209 X1 + 0,181 X2 + 0,190 X3 + 0,345 X4 dimana efektivitas
iklan (Y), kualitas pesan iklan(X1), kreatifitas iklan(X2), endorser (X3), dan
frekuensi penayangan iklan (X4). Karena nilai koefisien seluruhnya positif, maka
hal ini berarti keempat variable tersebut mempunyai hubungan yang positif
sejalan dengan variabel dependen Dengan demikian, AXIS harus memperhatikan
keeempat hal tersebut untuk menghasilkan iklan yang efektif sehingga biaya besar
yang telah dikeluarkan mendapatkan hasil yang sesuai.
Keywords : | message quality, creativity, endorser, broadcasting frequency and advertisement effectiveness, kualitas pesan, kreatifitas, endorser, frekuensi penayangan, efetktivitas |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 08:11 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 08:11 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6660 |