ANALISIS PENGARUH MERCHANDISE, PROMOSI, ATMOSFIR DALAM GERAI, PELAYANAN RITEL, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Toko Buku Gramedia Pandanaran Kota Semarang)

MUSLIM, Muhammad Ikhwanuddin and MUDIANTONO, Mudiantono,(12 December 2011), ANALISIS PENGARUH MERCHANDISE, PROMOSI, ATMOSFIR DALAM GERAI, PELAYANAN RITEL, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Toko Buku Gramedia Pandanaran Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmark -  (C2A607105).pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (872kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan usaha ritel di Indonesia yang semakin pesat, menggambarkan daya beli konsumen yang cukup tinggi. Jenis ritel yang ada pun semakin bervariatif dan beragam. Toko buku Gramedia sebagai salah satu pelaku usaha jaringan ritel dengan menjual buku dan alat tulis terbesar di Indonesia hadir di Kota Semarang. toko buku Gramedia Pandanaran Kota Semarang, menjadi salah satu pilihan berbelanja buku dan alat tulis di Kota Semarang. Berbagai alasan konsumen untuk berbelanja di toko buku Gramedia Pandanaran Kota Semarang pun beragam. Mengidentifikasi perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian sangatlah penting. Upaya untuk mendorong keputusan pembelian konsumen, toko buku Gramedia Pandanaran melakukan strategi pemasaran melalui merchandise, promosi, atmosfir dalam gerai, pelayanan ritel, dan harga. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 orang responden konsumen toko buku Gramedia Pandanaran Kota Semarang, diperoleh data-data untuk dilakukan uji untuk memenuhi uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Kemudian data tersebut diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,258 X1 + 0,237 X4 + 0,197 X5 + 0,182 X3 + 0,175 X2 Hasil yang didapat menunjukan bahwa, secara simultan variabel independen yaitu merchandise (X1), promosi (X2), atmosfir dalam gerai (X3), pelayanan ritel (X4), dan harga (X5) berpengaruh positif terhadap variabel dependen keputusan pembelian (Y) Nilai Adjusted R Square = 0,529, berarti 52,9% faktor-faktor keputusan pembelian ulang dapat dijelaskan oleh variabel bebas (merchandise, promosi, atmosfir dalam gerai, pelayanan ritel, dan harga.) sedangkan sisanya 47,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
Keywords : Merchandise, Promotions, The atmosphere in the front, Retail Services, and Price, Purchase Decision, Regression Analysis., Merchandise, Promosi, Atmosfir dalam Gerai, Pelayanan Ritel, dan Harga, Keputusan Pembelian, Analisis Regresi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Elok Inajati
Date Deposited: 27 Aug 2020 08:19
Last Modified: 27 Aug 2020 08:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6662

Actions (login required)

View Item
View Item