DEWI, Dian Novita and WIDIYANTO, Ibnu,(9 November 2010), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INOVASI PRODUK PERUSAHAAN ROTI DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (35kB)
Download (35kB)
Text
Download (32kB)
Download (32kB)
Text
Download (16kB)
Download (16kB)
Text
Download (29kB)
Download (29kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (438kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (438kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi
inovasi produk perusahaan roti di Kota Semarang. Sampel yang digunakan dalam
penelitian sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini cara pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang
menyesuaikan diri dengan kriteria tertentu, adapun kriteria tersebut yaitu:
responden adalah manajer perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan roti di Kota Semarang dan telah melakukan inovasi atau pengembangan produknya. Data
yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Pearson Corellation untuk
menguji validitas item pertanyaan, Cronbach’s Alpha untuk menguji reliabilitas
instrumen, analisis regresi berganda, untuk menguji besarnya pengaruh dari
variabel bebas yang diuji dengan uji t untuk menguji dan membuktikan pengaruh
secara parsial masing-masing variabel bebas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Hasil persamaan regresi
menunjukkan bahwa variabel karakteristik personal merupakan variabel yang
paling berpengaruh terhadap inovasi produk, diikuti oleh variabel gaya
kepemimpinan dan dinamika lingkungan. (2). Nilai adjusted R square sebesar
0,610, artinya 61 persen variasi dari inovasi produk dapat dijelaskan oleh variasi
dari tiga variabel independent. (3). Gaya kepemimpinan, karakteristik personal
dan dinamika lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi
produk.
Saran-saran yang dapat ditemukan untuk kemajuan dimasa yang akan
datang, adalah sebagai berikut: (1). Karakteristik personal dapat ditingkatkan
dengan meningkatkan kemampuan pekerjaan dengan baik dan membina hubungan
kerja yang baik. (2). Gaya kepemimpinan perlu diperhatikan dalam meningkatkan
inovasi produk dengan lebih memperhatikan kebebasan pegawai untuk
menyelesaikan pekerjaan. (3). Dinamika lingkungan perlu ditingkatkan untuk
memenuhi permintaan konsumen yang sangat beragam.
Keywords : | UNSPECIFIED, Gaya kepemimpinan, karakteristik personal, dinamika lingkungan dan inovasi produk |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 09:05 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 09:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6691 |