ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INOVASI PRODUK PERUSAHAAN ROTI DI KOTA SEMARANG

DEWI, Dian Novita and WIDIYANTO, Ibnu,(9 November 2010), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INOVASI PRODUK PERUSAHAAN ROTI DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A604033.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi inovasi produk perusahaan roti di Kota Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang menyesuaikan diri dengan kriteria tertentu, adapun kriteria tersebut yaitu: responden adalah manajer perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan roti di Kota Semarang dan telah melakukan inovasi atau pengembangan produknya. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Pearson Corellation untuk menguji validitas item pertanyaan, Cronbach’s Alpha untuk menguji reliabilitas instrumen, analisis regresi berganda, untuk menguji besarnya pengaruh dari variabel bebas yang diuji dengan uji t untuk menguji dan membuktikan pengaruh secara parsial masing-masing variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Hasil persamaan regresi menunjukkan bahwa variabel karakteristik personal merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap inovasi produk, diikuti oleh variabel gaya kepemimpinan dan dinamika lingkungan. (2). Nilai adjusted R square sebesar 0,610, artinya 61 persen variasi dari inovasi produk dapat dijelaskan oleh variasi dari tiga variabel independent. (3). Gaya kepemimpinan, karakteristik personal dan dinamika lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Saran-saran yang dapat ditemukan untuk kemajuan dimasa yang akan datang, adalah sebagai berikut: (1). Karakteristik personal dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kemampuan pekerjaan dengan baik dan membina hubungan kerja yang baik. (2). Gaya kepemimpinan perlu diperhatikan dalam meningkatkan inovasi produk dengan lebih memperhatikan kebebasan pegawai untuk menyelesaikan pekerjaan. (3). Dinamika lingkungan perlu ditingkatkan untuk memenuhi permintaan konsumen yang sangat beragam.
Keywords : UNSPECIFIED, Gaya kepemimpinan, karakteristik personal, dinamika lingkungan dan inovasi produk
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Elok Inajati
Date Deposited: 28 Aug 2020 09:05
Last Modified: 28 Aug 2020 09:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item
View Item