HANDARTOPUTRA, Aly and RAHARDJA, Edy and SUGIARTO, PH,SU.,(20 July 2020), MEMBEDAH KINERJA PELAYANAN PENGUKURAN DAN PEMETAAN DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN TEGAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (190kB)
Download (190kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (283kB)
Download (283kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (192kB)
Download (192kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (330kB)
Download (330kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Badan Pertanahan Nasional (BPN) mendapat pengawasan terkait kinerjanya
dalam pelayanan masyarakat, maka kinerja pelayanan BPN mendapat perhatian
untuk segera diperbaiki. kondisi pada tahun 2013 - 2019 penyelesaian berkas
pengukuran banyak yang tidak selesai sesuai waktu penyelesaiannya. “Bagaimana
Strategi meningkatkan kinerja pelayanan pengukuran dan pemetaan di BPN
Kabupaten Tegal ditinjau dari Faktor Manajerial, Faktor Lingkungan, Budaya
Organisasi??” menjadi pertanyaan penelitian. Tujuan penelitian ini menguji serta
menganalisis dampak dari faktor manajerial, faktor lingkungan, budaya organisasi
pada perencanaan strategi dan Menguji serta menganalisis dampak dari
perencanaan strategi pada kinerja organisasi. Penelitian menggunakan metode
deskriptif pendekatan kualitatif. Populasinya adalah pegawai terlibat pelayanan
pengukuran dan pemetaan di BPN Kabupaten Tegal, Penelitian menggunakan
sample dengan pemilihan informan (key person) tentang pelayanan pengukuran
dan pemetaan. Hasil penelitian adalah pemimpin memiliki keahlian teknis dan
pengalaman untuk menentukan strategi lebih baik. Pemimpin memiliki
kewenangan serta motivasi agar kinerja pelayanan di bidang pengukuran bisa
berjalan baik. Perubahan kondisi semenjak Program Nasional dan tuntutan
Pemerintah pusat untuk pelayanan yang lebih cepat membuat lebih padat dalam
bekerja serta kondisi sarana prasarana belum mendukung pengukuran dan
pemetaan serta beban kerja tinggi, adaptasi organisasi menghadapi perubahan
lingkungan berjalan baik, kendala ketika dilapangan dan jumlah pegawai terbatas,
menjadi data penting dalam menyusun perencanaan strategi. budaya organisasi
terjalin baik sehingga perencanaan strategi bisa dilaksanakan dan kepercayaan
pemimpin dan staf membuat perencanaan strategi bisa berjalan baik. pemilihan
Strategi pihak ketiga untuk menyelesaikan pekerjaan, dan adanya koordinator tiap
pekerjaan supaya Kinerja menjadi baik. Peningkatan Kinerja Organisasi
dipengaruhi oleh Perencanaan Strategi, Faktor Manajerial, Faktor Lingkungan dan
Budaya Organisasi, Perencanaan strategi itu sendiri juga dipengaruhi oleh Faktor
Manajerial, Faktor Lingkungan dan Budaya Organisasi
Keywords : | managerial factors, environmental factors, organizational culture, strategic planning, organizational performance, BPN, perencanaan strategi, manajerial, lingkungan, budaya organisasi, kinerja organisasi, BPN |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 04:23 |
Last Modified: | 30 Sep 2020 04:23 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6885 |