MEMBEDAH KINERJA PELAYANAN PENGUKURAN DAN PEMETAAN DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN TEGAL

HANDARTOPUTRA, Aly and RAHARDJA, Edy and SUGIARTO, PH,SU.,(20 July 2020), MEMBEDAH KINERJA PELAYANAN PENGUKURAN DAN PEMETAAN DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN TEGAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (190kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (283kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (330kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Badan Pertanahan Nasional (BPN) mendapat pengawasan terkait kinerjanya dalam pelayanan masyarakat, maka kinerja pelayanan BPN mendapat perhatian untuk segera diperbaiki. kondisi pada tahun 2013 - 2019 penyelesaian berkas pengukuran banyak yang tidak selesai sesuai waktu penyelesaiannya. “Bagaimana Strategi meningkatkan kinerja pelayanan pengukuran dan pemetaan di BPN Kabupaten Tegal ditinjau dari Faktor Manajerial, Faktor Lingkungan, Budaya Organisasi??” menjadi pertanyaan penelitian. Tujuan penelitian ini menguji serta menganalisis dampak dari faktor manajerial, faktor lingkungan, budaya organisasi pada perencanaan strategi dan Menguji serta menganalisis dampak dari perencanaan strategi pada kinerja organisasi. Penelitian menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Populasinya adalah pegawai terlibat pelayanan pengukuran dan pemetaan di BPN Kabupaten Tegal, Penelitian menggunakan sample dengan pemilihan informan (key person) tentang pelayanan pengukuran dan pemetaan. Hasil penelitian adalah pemimpin memiliki keahlian teknis dan pengalaman untuk menentukan strategi lebih baik. Pemimpin memiliki kewenangan serta motivasi agar kinerja pelayanan di bidang pengukuran bisa berjalan baik. Perubahan kondisi semenjak Program Nasional dan tuntutan Pemerintah pusat untuk pelayanan yang lebih cepat membuat lebih padat dalam bekerja serta kondisi sarana prasarana belum mendukung pengukuran dan pemetaan serta beban kerja tinggi, adaptasi organisasi menghadapi perubahan lingkungan berjalan baik, kendala ketika dilapangan dan jumlah pegawai terbatas, menjadi data penting dalam menyusun perencanaan strategi. budaya organisasi terjalin baik sehingga perencanaan strategi bisa dilaksanakan dan kepercayaan pemimpin dan staf membuat perencanaan strategi bisa berjalan baik. pemilihan Strategi pihak ketiga untuk menyelesaikan pekerjaan, dan adanya koordinator tiap pekerjaan supaya Kinerja menjadi baik. Peningkatan Kinerja Organisasi dipengaruhi oleh Perencanaan Strategi, Faktor Manajerial, Faktor Lingkungan dan Budaya Organisasi, Perencanaan strategi itu sendiri juga dipengaruhi oleh Faktor Manajerial, Faktor Lingkungan dan Budaya Organisasi
Keywords : managerial factors, environmental factors, organizational culture, strategic planning, organizational performance, BPN, perencanaan strategi, manajerial, lingkungan, budaya organisasi, kinerja organisasi, BPN
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:23
Last Modified: 30 Sep 2020 04:23
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6885

Actions (login required)

View Item
View Item