ASTARI, Diana and SUDARYANTO, Budi,(28 September 2020), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BRAND SWITCHING PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE MEREK SAMSUNG DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus ASN Golongan III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (104kB)
Download (104kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (49kB)
Download (49kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (49kB)
Download (49kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (99kB)
Download (99kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (136kB)
Download (136kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Di era digital yang teknologinya semakin tinggi ini, keberadaan
smartphone sangat penting bagi masyarakat. Sehingga ketika konsumen
menggunakan smartphone, mereka dihadapi oleh berbagai macam pilihan yang
disebabkan oleh adanya beragam keunggulan dari masing-masing merek sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Apabila produk tersebut bermasalah,
pelayanannya tidak baik, terdapat manfaat yang lebih baik pada produk lain,
kemudian keinginan konsumen dalam mencari variasi baru, maka akan
menyebabkan konsumen dapat dengan mudah beralih merek, yaitu dengan
timbulnya fenomena perpindahan merek atau brand switching yang terjadi pada
masyarakat saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh
perpindahan merek (brand switching) yaitu dengan menggunakan variabel
permasalahan produk (product problem), permasalahan layanan (service
problem), manfaat/nilai produk lain (benefit/value other products), dan kebutuhan
mencari variasi (variety seeking) pada pengguna smartphone bermerek Samsung
di Kota Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ASN
Golongan III dan IV di Kota Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 96
responden dengan kriteria ASN Golongan III dan IV di Lingkungan Pemerintah
Kota Semarang yang memiliki smartphone bermerek Samsung dan melakukan
pembelian smartphone lain dalam dua tahun terakhir. Metode pengambilan
sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan
purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui
penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan
teknik analisis regresi linier berganda melalui perangkat alat analisis program
IBM SPSS Statistics 23.
Dari hasil uji hipotesis pada uji t dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa
keempat hipotesis yang diajukan dapat diterima semuanya, yaitu permasalahan
produk (product problem), permasalahan layanan (service problem), manfaat/nilai
produk lain (benefit/value other products), dan kebutuhan mencari variasi (variety
seeking) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek (brand
switching). Pada uji F, menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel
independen berpengaruh terhadap variabel dependennya (brand switching).
Keywords : | Product Problem, Service Problem, Benefit/Value Other Products, Variety Seeking, Brand Switching, Permasalahan Produk, Permasalahan Layanan, Manfaat/Nilai Produk Lain, Kebutuhan Mencari Variasi, Perpindahan Merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | diana astari |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 06:47 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 06:47 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6943 |