MENGETAHUI DAN MENGANALISIS NIAT MENGGUNAKAN KEMBALI MOBILE PAYMENT DENGAN PENDEKATAN UTAUT DAN DAYA TARIK PROMOSI (Studi pada Mobile payment GOPAY, OVO, DANA, dan LinkAja)

ADI, Benediktus Jagad Krisnata and INDRIANI, Farida,(5 May 2020), MENGETAHUI DAN MENGANALISIS NIAT MENGGUNAKAN KEMBALI MOBILE PAYMENT DENGAN PENDEKATAN UTAUT DAN DAYA TARIK PROMOSI (Studi pada Mobile payment GOPAY, OVO, DANA, dan LinkAja). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (83kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (172kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (174kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dibidang informasi, komunikasi, dan ekonomi memunculkan adanya inovasi baru dibidang teknologi keuangan yang dikenal dengan mobile payment. Di Indonesia, terdapat empat mobile payment terbesar yaitu GOPAY, OVO, DANA, dan LinkAja. Fenomena yang ada menunjukkan bahwa tingkat penggunaan keempat mobile payment ini cukuplah masif di indonesia bahkan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Berangkat dari fenomena ini, tentu terdapat alasan yang mendorong masyarakat untuk terus menggunakan teknologi keuangan tersebut. Pendekatan UTAUT dan daya tarik promosi dipilih dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor manakah yang menjadi preferensi dari para pengguna mobile payment untuk terus menggunakan kembali teknologi keuangan ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 orang dari tiap objek yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh dari kuesioner yang didistribusikan secara online kepada sampel dari keempat objek mobile payment yang berbeda (GOPAY, OVO, DANA, dan LinkAja) sehingga total diperoleh 240 orang. Data yang diperoleh dari kuesioner ini kemudian diolah dan dianalisis menggunakan program SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan UTAUT dan Daya Tarik Promosi memiliki pengaruh yang unik terhadap niat menggunakan kembali pada mobile payment yang berbeda. Selain itu terdapat pula faktor dominan yang juga mempengaruhi niat menggunakan kembali dari tiap mobile payment ini.
Keywords : Mobile Payment, UTAUT, Promotion Attraction, Intention to Reuse, Mobile Payment, UTAUT, Daya Tarik Promosi, Niat Menggunakan Kembali
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:34
Last Modified: 12 Oct 2020 01:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7136

Actions (login required)

View Item
View Item