PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK FASHION DI ONLINE SHOP INSTAGRAM

AULIA, Niken and YOESTINI, Yoestini,(24 March 2020), PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK FASHION DI ONLINE SHOP INSTAGRAM. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (67kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (191kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya internet yang merambah ke dunia jual beli secara online. Dalam hal ini, apakah konsumen percaya terhadap penjual dan terhadap produk yang dipaparkan secara online dimana konsumen tidak dapat melihat dan menyetuh secara langsung produk tersebut, selain itu bagaimana sistem elektronik yang digunakan jika konsumen tidak mempunyai pengalaman sebelumnya, apakah niat suatu konsumen untuk melakukan pembelian secara online mengalami beberapa risiko atau tidak. Penelitian ini menggambarkan suatu model teoritis untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan (X1), persepsi risiko (X2) dan kepercayaan (X3) terhadap minat pembelian konsumen secara online menggunakan instagram. Pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dikumpulkan dari 108 orang responden yang memiliki akun instagram dan pernah mengunjungi setidaknya satu akun toko fashion online di instagram. Metode analisis yang digunakan disini adalah regresi yang meliputi uji validitas, uji reliabiitas, uji-t, uji-f dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan dan kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sedangkan persepsi risiko memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap minat beli. Dari ketiga variabel independen tersebut, kepercayaan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap minat beli, diikuti dengan variabel kemudahan penggunaan dan yang terakhir variabel persepsi risiko dengan arah yang berlawanan.
Keywords : Ease of use, perceived risk, trust, purchase intention, instagram, social media, online shopping, Kemudahan penggunaan, persepsi risiko, kepercayaan, minat beli, instagram, sosial media, belanja online
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:04
Last Modified: 12 Oct 2020 02:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7140

Actions (login required)

View Item
View Item