ANALISIS PENGARUH DAU, DAK DAN PENDAPATAN PERKAPITA TERHADAP ANGKA PARTISIPASI KASAR TINGKAT SD DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2003-2008

AHDIERIANTO, Rahmat and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(27 August 2014), ANALISIS PENGARUH DAU, DAK DAN PENDAPATAN PERKAPITA TERHADAP ANGKA PARTISIPASI KASAR TINGKAT SD DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2003-2008. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S- Fulltext PDF Bookmarks- C2B007052.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy

Abstract

Dalam mengurangi kesenjangan pelayanan publik antardaerah, Pemerintah Pusat melakukan transfer dana ke daerah melalui beberapa mekanisme, seperti dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris bahwa Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan tingkat kesejahteraan masyarakat (direpresentasikan oleh Pendapatan Perkapita) berpengaruh terhadap peningkatan akses pendidikan yang diukur melalui Angka Partisipasi Kasar (APK) tingkat Sekolah Dasar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan total sampel 20 kabupaten dan 3 kota dari populasi 35 Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Tengah periode 2003- 2008. Penelitian ini menggunakan metode regresi data panel dengan pendekatan random effect model (REM) untuk menganalisis data. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa DAU dan Pendapatan Perkapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap APK tingkat Sekolah Dasar.
Keywords : General Allocation Fund, Special Allocation Fund, Gross Enrollment Rate, Random Effect Model, Central Java, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Angka Partisipasi Kasar, Random Effect Model, Jawa Tengah
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 12 Oct 2020 06:55
Last Modified: 12 Oct 2020 06:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7184

Actions (login required)

View Item
View Item