IGUNAWATI, Diana and HAYATI, Banatul,(11 May 2010), ANALISIS PERMINTAAN OBJEK WISATA TIRTA WADUK CACABAN, KABUPATEN TEGAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Objek wisata Tirta Waduk Cacaban dipilih karena objek wisata tersebut merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Tegal, yang memiliki jumlah pengunjung yang paling rendah bila dibandingkan dengan objek wisata Guci dan Pur’in akan tetapi mempunyai nilai ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya perjalanan ke objek wisata Tirta Waduk Cacaban, biaya perjalanan ke objek wisata laian (Guci), pendapatan individu, jarak, waktu kerja, umur dan pengalaman berkunjung sebelumnya mempengaruhi jumlah permintaan ke objek wisata Tirta Waduk Cacaban, Kabupaten Tegal, untuk menganalisis seberapa besar pengaruh biaya perjalanan ke objek wisata Tirta Waduk Cacaban, biaya perjalanan ke objek wisata lain (Guci), pendapatan individu, jarak, waktu kerja, umur dan pengalaman berkunjung sebelumnya terhadap jumlah kunjungan objek wisata Tirta Waduk Cacaban.Mengukur nilai ekonomi yang diperoleh pengunjung Objek Wisata Tirta Waduk Cacaban dengan menggunakan metode biaya perjalanan individu (Individual Travel Cost Method).
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan OLS dan Surplus Value untuk menghitung nilai total ekonomi objek Wisata Tirta Waduk Cacaban.
Hasil penelitian menunjukkan tiga variabel berpengaruh terhadap jumlah permintaan pariwisata ke Tirta Waduk Cacaban yaitu biaya perjalanan menuju ke Tirta Waduk Cacaban, jarak dan pengalaman berkunjung sebelumnya. Nilai surplus konsumen diperoleh sebesar Rp 154.271,25 per tahun atau Rp 77.135,63 per satu kali kunjungan, sehingga nilai total ekonomi objek wisata Tirta Waduk Cacaban sebesar Rp 2.859.263.348 per tahun (nilai surplus konsumen per individu per tahun dikalikan dengan jumlah pengunjung tahun 2007). Kemampuan membayar pengunjung atas objek wisata Tirta Waduk Cacaban adalah Rp 77.135,63 per individu per satu kali kunjungan masih jauh di atas harga pengeluaran rata-rata yaitu Rp 35.358,97. untuk itu, pengembangan objek wisata Tirta Waduk Cacaban perlu ditingkatkan lagi selain dalam pengelolaan juga dalam pengoptimalan potensi yang dimiliki.
Keywords : | UNSPECIFIED, Permintaan Pariwisata, Metode Biaya Perjalanan Individu, Surplus Konsumen, Nilai Total Ekonomi, Objek Wisata Tirta Waduk Cacaban |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 05:05 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 05:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7329 |