GRAHA, Nyoni Laksana and SUFIAN, Syuhada,(29 March 2012), PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM PENGAMBILAN KREDIT BERJANGKA PADA BANK JATENG CABANG SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (330kB)
Download (330kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (13kB)
Download (13kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (14kB)
Download (14kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (13kB)
Download (13kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (16kB)
Download (16kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (662kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (662kB) | Request a copy
Abstract
Pada tahun 2008, secara umum telah terjadi penyimpangan (deviasi) lebih
terutama pada triwulan II s/d IV. Pada tahun 2009, secara umum telah terjadi
penyimpangan (deviasi) kurang sejak triwulan I s/d IV dengan kecenderungan gap
deviasi yang semakin melebar. Pada tahun 2010, secara umum juga telah terjadi
penyimpangan (deviasi) kurang sejak triwulan I s/d IV dengan kecenderungan gap
deviasi yang semakin melebar. Dengan didasarkan pada fakta tersebut di atas
maka telah terjadi ketidakseimbangan antara faktor penawaran yang tercermin
dari penetapan Rencana atau Target dan faktor permintaan yang tercermin dari
Realisasi. pertumbuhan jumlah nasabah kredit berjangka di Bank Jateng Cabang
Semarang mengalami fluktuatif dimana pada bulan Desember mengalami
penurunan tertinggi mencapai 11,43 persen dari bulan Nopember. Sedangkan
peningkatan jumlah nasabah terjadi pada bulan Maret yang mencapai 16,88
persen. Secara keseluruhan rata-rata pertumbuhan jumlah nasabah kredit
berjangka pada tahun 2011 adalah sebesar 1,05 persen. Rendahnya pertumbuhan
jumlah nasabah ini merupakan salah satu fenomena yang menarik untuk dikaji
tentang keputusan nasabah untuk mengambil kredit berjangka di Bank Jateng
Cabang Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga,
kualitas layanan dan lokasi terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit
pada Bank Jateng Cabang Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 72
responden dengan analisis data menggunakan uji regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa persepsi harga, kualitas
layanan dan lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah dalam
mengambil kredit di Bank Jateng Cabang Semarang. Pengaruh terbesar terhadap
keinginan nasabah untuk mengambil kredit di Bank Jateng Cabang Semarang
adalah persepsi harga, sehingga pihak manajemen perusahaan perlu menjaga
konsistensi persepsi harga yang berlaku sehingga tetap dapat bersaing dengan
bank lainnya. Faktor kualitas pelayanan merupakan faktor yang memberikan
pengaruh paling kecil terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit,
sehingga pihak manajemen perlu lebih meningkatkan kualitas pelayanan terutama
dalam kemudahan prosedur pengajuan kredit serta mempercepat kepastian waktu
yang dibutuhkan dalam proses pencairan kredit.
Keywords : | percepted price, service quality, location, customer decision, Persepsi harga, kualitas layanan, lokasi, keputusan nasabah |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 02:54 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 02:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7562 |