ARTINA, Bella Santya and RAHARDJO, Susilo Toto and SUHARNOMO, Suharnomo,(23 October 2020), EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN LINTAS BUDAYA PADA PERUSAHAAN JEPANG DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN FENOMENOLOGI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (21kB)
Download (21kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (122kB)
Download (122kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (16kB)
Download (16kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (159kB)
Download (159kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kepemimpinan lintas
budaya diantara ekpatriat Jepang dan pekerja lokal Indonesia. Proses adaptasi dua
budaya yang berbeda dalam suatu komunikasi lintas budaya. Karakteristik
kepemimpinan pada perusahaan multinasional yaitu memberikan kebebasan yang
bertanggungjawab kepada karyawan dalam hal memberikan kesempatan dalam
pengambilan keputusan, partisipasi dalam pembuatan kebijakan yang ditaati oleh
seluruh karyawan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara
dengan teknik purposive sampling karena peneliti ingin mengetahui perspektif
pekerja asing (ekspatriat) dan pekerja lokal pada tingkat manajerial. Uji validitas
internal digunakan untuk melakukan konfirmasi atas jawaban narasumber dengan
harapan kesesuaian yang peneliti harapkan.
Hasil penelitian menujukkan bahwa Kepemimpinan pada PT. XYZ
memiliki karakteristik pemimpin yang demokratis dan seluruh anggota organisasi
memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan, memberikan motivasi berupa
dukungan program pengembangan karyawan dan pengembangan karir. Sehingga
lingkungan kerja yang baik dapat terbentuk mengakibatkan produktivitas dan
keefektifan di lingkungan kerja dapat terwujud. Tidak ada perbedaan gender
dalam kaitannya dengan kesempatan berkarir dan kemampuan yang dimiliki.
Menggunakan ISO 9001, ISO 14001, Kiken Yochi Training dan instrument 5S.
Tujuan Perusahaan secara garis besar tercantum dalam Misi Perusahaan XYZ
yaitu dalam keselamatan kerja tidak terdapat kecelakaan kerja (zero accident),
mengurangi kesalahan produksi (critical defect zero), penurunan biaya (loss cost)
dan pengiriman barang tepat waktu (zero at by delivery).
Keywords : | Cross Culture Leadership, Hofstede’s dimension, National Culture, Japan Company, Cross Culture Communication, Kepemimpinan Lintas Budaya, dimensi Hofstede, Budaya Nasional, Perusahaan Jepang, Komunikasi Lintas Budaya |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Bella Sant Bella Santya Bella Santya Artina |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 02:29 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 02:30 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7647 |