STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN KEDUNG KAYANG KABUPATEN MAGELANG BERDASARKAN ASPEK PROMOSI, ASPEK AKSESIBILITAS, ASPEK INFRASTRUKTUR DAN ASPEK KELEMBAGAAN

HANIFAN, Muhammad Ardhan and NUGROHO, SBM,(21 September 2020), STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN KEDUNG KAYANG KABUPATEN MAGELANG BERDASARKAN ASPEK PROMOSI, ASPEK AKSESIBILITAS, ASPEK INFRASTRUKTUR DAN ASPEK KELEMBAGAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Destinasi wisata Air Terjun Kedung Kayang memiliki keindahan alam yang indah dan berpotensi besar untuk menarik para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, namun fasilitas penunjang seperti jumlah kamar mandi yang masih sedikit, ketersediaan tempat parkir yang masih minim, jumlah warung makan masih sedikit, kurangnya informasi arah jalan yang menunjukan ke arah lokasi sehingga menyebabkan kurangnya minat wisatawan untuk berkunjung ke lokasi dan bahkan tidak bersedia berkunjung kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan alternatif strategi pengembangan apa yang perlu untuk diprioritaskan dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan di Air Terjun Kedung Kayang. Populasi dalam penelitian ini mencakup para pemangku kepentingan (stakeholder) yang mempunya peranan dan mengetahui dengan baik mengenai Obyek Wisata Air terjun Kedung Kayang yaitu ketua beserta anggota pengurus wisata Air Terjun Kedung Kayang, masyarakat desa dan beberapa pengunjung. Metode analisis yang digunakan adalah AHP (Analisis Hirarki Proses). Berdasarkan analisis hasil penelitian, kriteria yang menjadi prioritas terpenting dalam strategi pengembangan objek wisata Air Terjun Kedung Kayang untuk meningkatkan daya tarik objek wisata dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan adalah aspek infrastruktur. Prioritas kedua yaitu aspek aksesibilitas, prioritas ketiga yaitu aspek promosi dan prioritas terakhir yaitu aspek kelembagaan. Berdasarkan pembobotan sub kriteria yang dalam hal ini opsi pengembangan, didapatkan prioritas utama strategi pengembangan objek wisata dari aspek infrastruktur adalah melengkapi fasilitas objek wisata. Oleh karena itu, strategi pengembangan objek wisata Air Terjun Kedung Kayang sebaiknya mengutamakan kriteria aspek infrastruktur dengan memprioritaskan kelengkapan fasilitas. Beberapa sarana dan prasarana yang belum tersedia dan bisa segera dilengkapi diantaranya musholla, toilet, spot foto dan lain sebagainya. Adanya fasilitas yang lengkap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Obyek Wisata, AHP
Keywords : Development Strategies, Attractions, AHP, Strategi Pengembangan, Obyek Wisata, AHP
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Se. Muhammad Ardhan Hanifan
Date Deposited: 28 Dec 2020 03:34
Last Modified: 29 Dec 2020 04:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7880

Actions (login required)

View Item
View Item