ADININGGAR, Fahrunnisa Wulandari and MAWARDI, Wisnu,(14 December 2020), PENGARUH PROPORSI DIREKSI PEREMPUAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (102kB)
Download (102kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (72kB)
Download (72kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (94kB)
Download (94kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (96kB)
Download (96kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Demi mencapai tujuan perusahaan dengan persaingan tinggi ini, peran seorang pemimpin tidak lagi mengikuti kebiasaan yang menilai faktor jenis kelamin, namun dilihat dari daya saing dan keterampilan. Dalam Upper Echelon Theory dinyatakan bahwa keberadaan perempuan memberikan perspektif baru dalam membuat keputusan. Selain itu, untuk meningkatkan nilai perusahaan perlu memperhatikan hal lain seperti pertumbuhan penjualan, leverage, dan ukuran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh proporsi direksi perempuan, pertumbuhan penjualan, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variable mediasi.
Populasi pada enelitian ini adalah 150 perusahaan consumer goods periode tahun 2015 – 2019 yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang dipakai pada penelitian ini adalah data panel (pooled data). Penelitian ini menggunakan metode regresi data panel untuk menguji pengaruh antar variable independent dan dependen. Sedangkan untuk uji mediasi menggunakan sobel test.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi direksi perempuan tidak berpengaruh pada profitabilitas dan nilai perusahaan. Pertumbuhan penjualan ditemukan memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, namun tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Leverage tidak mempengaruhi profitabilitas, namun berpengaruh negatif pada nilai perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan pada profitabilitas, namun memberikan pengaruh negatif dan signifikan pada nilai perusahaan. Sedangkan uji mediasi menunjukkan bahwa profitabilitas dapat memediasi pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Keywords : | women on board, sales growth, leverage, firm size, profitability, firm value., direksi perempuan, pertumbuhan penjualan, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, nilai perusahaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Fahrunnisa Wulandari |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 01:55 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 01:55 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7936 |