Berbagi Pengetahuan: Peran Efikasi Kreatif Profesional dalam Meningkatkan Kinerja Dosen (Studi Empirik pada Dosen LLDIKTI Wilayah X)

PUTRI, Eka Risma and GHOZALI, Imam and DJASTUTI, Indi,(9 February 2021), Berbagi Pengetahuan: Peran Efikasi Kreatif Profesional dalam Meningkatkan Kinerja Dosen (Studi Empirik pada Dosen LLDIKTI Wilayah X). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (204kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (181kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (122kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (420kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh berbagi pengetahuan terhadap kinerja dosen dengan variabel efikasi kreatif profesional sebagai pemediasi. Penelitian ini memiliki orisinalitas pada variabel efikasi kreatif profesional sebagai kebaruan (novelty). Sampel pada penelitian ini adalah dosen tetap pada PTS dalam lingkup LLDIKTI wilayah X (Sumatra Barat, Riau, Jambi, dan Riau Kepulauan). Penelitian dilakukan pada 10 (sepuluh) Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi B. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Kriteria yang digunakan adalah dosen tetap yang telah memiliki jabatan akademik. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 223. Metode analisis data adalah dengan Structural Equation Modeling/SEM. Penelitian ini menemukan bahwa berbagi pengetahuan memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap kinerja dosen, begitu juga dengan variabel motivasi intrinsik dan dukungan organisasi. Adapun untuk pengujian mediasi variabel efikasi kreatif profesional berperan sebagai variabel mediasi yang memediasi hubungan antara berbagi pengetahuan terhadap kinerja dosen. Temuan penelitian ini menjelaskan peran penting variabel efikasi kreatif profesional sebagai kebaruan (novelty) dari penelitian ini. Seseorang profesional yang memiliki efikasi yang tinggi akan memiliki sikap yang positif, antusias, terbuka, percaya diri, berprestasi dan energik yang semuanya ini mendorong untuk berperilaku inovatif dan kreatif dan punya orientasi untuk selalu mengembangkan diri. Dosen yang memiliki efikasi kreatif profesional yang tinggi akan memiliki perilaku kerja yang proaktif, dimana mereka mengambil inisiatif untuk meningkatkan ketersediaan sumberdaya pekerjaan dilingkungan kerja mereka, seperti ketersediaan bahan ajar yang sesuai kurikulum dan relevan, mencari ide penelitian yang menarik dan berkontribusi terhadap pengetahuan ataupun bermanfaat bagi masyarakat. Profesional berarti adalah orang yang siap untuk bekerja dan belajar bersama dengan orang-orang satu profesi
Keywords : knowledge sharing, professional creative efficacy, intrinsic motivation, organizational support, academics performance, berbagi pengetahuan, efikasi kreatif profesional, motivasi intrinsik, dukungan organisasi, kinerja dosen.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eka Rismi
Date Deposited: 03 May 2021 04:58
Last Modified: 03 May 2021 04:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8347

Actions (login required)

View Item
View Item