ANALISIS PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MEDIA SOCIAL COMMERCE INSTAGRAM SHOPPING

WINNARTI, Winnarti and INDRIANI, Farida,(25 June 2021), ANALISIS PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MEDIA SOCIAL COMMERCE INSTAGRAM SHOPPING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (169kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (170kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (239kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (319kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari dua jenis kepercayaan dalam social commerce terhadap minat beli konsumen. Dua jenis kepercayaan dalam social commerce yang dimaksud adalah kepercayaan terhadap anggota situs dan kepercayaan terhadap situs social commerce. Untuk memperkuat hubungan antara kedua jenis kepercayaan dalam social commerce dengan minat beli konsumen diperlukan kehadiran sosial sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuesioner tertutup yang dibagikan secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Instargram Shopping yang telah melakukan pembelian produk pakaian secara online minimal satu kali. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan metode analisis data PLS-SEM dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan terhadap anggota situs berpengaruh secara postif dengan kepercayaan terhadap situs social commerce. Selain itu kepercayaan terhadap anggota situs dan kepercayaan terhadap situs social commerce berpengaruh secara positif pada minat beli konsumen. Akan tetapi kehadiran sosial tidak memiliki peran moderasi dalam hubungan kepercayaan terhadap anggota situs dengan minat beli konsumen maupun hubungan antara kepercayaan terhadap situs social commerce dengan minat beli konsumen. Variabel yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen adalah kepercayaan terhadap anggota situs.
Keywords : trust toward site members, trust toward site, social presence, purchase intention, kepercayaan terhadap anggota situs, kepercayaan terhadap situs social commerce, kehadiran sosial, minat beli konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Winnarti Winnarti
Date Deposited: 22 Jul 2021 01:46
Last Modified: 22 Jul 2021 01:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8847

Actions (login required)

View Item
View Item