STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA THE PIKAS ARTVENTURE RESORT

HATAMI, Humaira and WARIDIN, Waridin,(29 June 2022), STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA THE PIKAS ARTVENTURE RESORT. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (265kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (311kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (320kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (142kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan objek wisata The Pikas Artventure Resort diperlukan untuk meningkatkan baik perekonomian maupun kondisi sosial masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi Objek Wisata The Pikas Artventure Resort Kabupaten Banjarnegara, menganalisis persepsi wisatawan terhadap objek wisata The Pikas Artventure Resort Kabupaten Banjarnegara, dan menyusun strategi stakeholder dalam pengembangan objek wisata The Pikas Artventure Resort Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menjelaskan karakteristik sosiodemografis wisatawan, analisis persepsi untuk menilai persepsi wisatawan terhadap objek wisata dan analisis Stakeholder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan kepada 100 wisatawan dan 6 stakeholder. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa mayoritas wisatawan The Pikas Artventure Resort merupakan laki-laki berusia 17-26 tahun. Analisis persepsi wisawan terhadap The Pikas Artventure Resort memiliki nilai yang tinggi, dengan rincian tingkat persepsi wisatawan terhadap Attraction The Pikas Artventure Resort 80,95; Amenities/fasilitas 77,9; Accessibility atau aksesibilitas 77,75; dan Ancillary 78,67. Hasil analisis MACTOR antar para stakeholder yang terlibat dalam pengembangan objek wisata ini pada dasarnya memiliki hubungan yang dapat berkerja sama, saling berkoordinasi, tanpa adanya konflik kepentingan diantara para stakeholder. Oleh karena itu, strategi pengembangan objek wisata The Pikas Artventure Resort perlu dikoordinasikan dan diawasi oleh para Key Player The Pikas Artventure Resort.
Keywords : Stakeholder analysis, Tourist Perception, Analisis Stakeholder, Persepsi Wisatawan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Humaira Hatami
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:13
Last Modified: 22 Jul 2022 02:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11193

Actions (login required)

View Item
View Item