PENGARUH ALIANSI STRATEGIS, ADAPTABILITAS LINGKUNGAN, DAN INOVASI PRODUK DALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Pada UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Semarang)

HERIANTI, Anisa and KUSUMAWARDHANI, Amie,(21 December 2022), PENGARUH ALIANSI STRATEGIS, ADAPTABILITAS LINGKUNGAN, DAN INOVASI PRODUK DALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Pada UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (295kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (78kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (255kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Menggunakan studi kasus UKM sektor makanan dan minuman di Semarang, studi ini mengkaji dampak aliansi strategis dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan selanjutnya. UKM makanan dan minuman menghadapi persaingan yang semakin ketat di masa pandemi Covid-19. UMKM harus memiliki keunggulan kompetitif untuk bertahan dalam kondisi buruk. Studi ini mengkaji dampak aliansi strategis terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja keuangan UKM dalam industri makanan dan minuman di Kota Semarang. Inovasi produk mempengaruhi keunggulan kompetitif dan kinerja keuangan UKM dalam industri makanan dan minuman di Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah UMKM Kota Semarang di industri makanan dan minuman yang membentuk aliansi strategis untuk bisnisnya. Sebanyak 130 UMKM makanan dan minuman ditemukan di Kota Semarang melalui penerapan teknik pur-posive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan metode SEM dengan bantuan program AMOS 24. Temuan pengolahan data pada uji SEM full model telah memenuhi persyaratan kriteria goodness of fit yaitu, chi-square=292,425, CMIN/DF=1,099,probabil-ity=0,127, GFI=0,853, AGFI=0,82, TLI=0,987, CFI=0,989, RMSEA=0,028. Dengan memenuhi persyarat tersebut maka model penelitian layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan dipengaruhi secara signifikan dan menguntungkan oleh aliansi strategis. Inovasi produk secara signifikan dan menguntungkan berdampak pada keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Dampak aliansi strategis terhadap kinerja perusahaan dan dampak inovasi produk terhadap kinerja perusahaan keduanya dapat dipengaruhi oleh keunggulan bersaing.
Keywords : Strategic Alliance, Product Innovation, Competitive Advantage, Company Performance, Aliansi Strategis, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pe-rusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Anisa Herianti .
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:39
Last Modified: 30 Dec 2022 03:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12034

Actions (login required)

View Item
View Item