HERIANTI, Anisa and KUSUMAWARDHANI, Amie,(21 December 2022), PENGARUH ALIANSI STRATEGIS, ADAPTABILITAS LINGKUNGAN, DAN INOVASI PRODUK DALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Pada UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (295kB)
Download (295kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (53kB)
Download (53kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (53kB)
Download (53kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (78kB)
Download (78kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (255kB)
Download (255kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Menggunakan studi kasus UKM sektor makanan dan minuman di Semarang, studi ini mengkaji dampak aliansi strategis dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan selanjutnya. UKM makanan dan minuman menghadapi persaingan yang semakin ketat di masa pandemi Covid-19. UMKM harus memiliki keunggulan kompetitif untuk bertahan dalam kondisi buruk. Studi ini mengkaji dampak aliansi strategis terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja keuangan UKM dalam industri makanan dan minuman di Kota Semarang. Inovasi produk mempengaruhi keunggulan kompetitif dan kinerja keuangan UKM dalam industri makanan dan minuman di Kota Semarang.
Populasi penelitian ini adalah UMKM Kota Semarang di industri makanan dan minuman yang membentuk aliansi strategis untuk bisnisnya. Sebanyak 130 UMKM makanan dan minuman ditemukan di Kota Semarang melalui penerapan teknik pur-posive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan metode SEM dengan bantuan program AMOS 24.
Temuan pengolahan data pada uji SEM full model telah memenuhi persyaratan kriteria goodness of fit yaitu, chi-square=292,425, CMIN/DF=1,099,probabil-ity=0,127, GFI=0,853, AGFI=0,82, TLI=0,987, CFI=0,989, RMSEA=0,028. Dengan memenuhi persyarat tersebut maka model penelitian layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan dipengaruhi secara signifikan dan menguntungkan oleh aliansi strategis. Inovasi produk secara signifikan dan menguntungkan berdampak pada keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Dampak aliansi strategis terhadap kinerja perusahaan dan dampak inovasi produk terhadap kinerja perusahaan keduanya dapat dipengaruhi oleh keunggulan bersaing.
Keywords : | Strategic Alliance, Product Innovation, Competitive Advantage, Company Performance, Aliansi Strategis, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pe-rusahaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Anisa Herianti . |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 08:39 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 03:27 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12034 |