ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UMKM MENYEDIAKAN E-WALLET SEBAGAI SISTEM PEMBAYARAN DI KOTA JAKARTA

ALVERINA, Davina Miranda and SETIAWAN, Achma Hendra,(19 September 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UMKM MENYEDIAKAN E-WALLET SEBAGAI SISTEM PEMBAYARAN DI KOTA JAKARTA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (116kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (80kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (199kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi pada sektor keuangan menyababkan terjadinya perubahan pada sistem pembayaran, saat ini masyarakat sudah banyak menggunakan pembayaran digital dengan e-wallet selain itu, e-wallet juga dapat digunakan oleh UMKM sebagai sistem pembayaran pada proses jual-beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan, promosi serta keamanan pada aplikasi e-wallet terhadap faktor-faktor penggunaan e-wallet pada UMKM Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner kepada UMKM Kota Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang UMKM pengguna e-wallet yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah faktor penggunaan e-wallet. Variabel independen pada penelitian ini adalah kemudahan penggunaan, promosi aplikasi e-wallet dan keamanan penyimpanan e-wallet. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemudahan penggunaan, promosi dan keamanan penyimpanan aplikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-wallet. Promosi pada aplikasi e-wallet memiliki pengaruh paling besar terhadap faktor�faktor penggunaan e-wallet.
Keywords : E-Wallet, Ease of use, E-Wallet Application Promotion, E-Wallet Security, Usage Factors, MSME., E-Wallet, Kemudahan penggunaan, Promosi Aplikasi E-Wallet, Keamanan Penyimpanan E-Wallet, Faktor Penggunaan, UMKM.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Davina Miranda Alverina
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:33
Last Modified: 21 Sep 2023 02:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13377

Actions (login required)

View Item
View Item