SAFITRI, Nefi and PURWANTO, Agus,(1 July 2024), PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2020-2022. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (84kB)
Download (84kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (72kB)
Download (72kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (71kB)
Download (71kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (89kB)
Download (89kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (244kB)
Download (244kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia periode 2020-2022. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah total sampel dalam penelitian ini sebanyak 183 sampel penelitian, yang terdiri atas 61 perusahaan. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan dari laporan tahunan, laporan keuangan, serta laporan keberlanjutan (jika ada) masing-masing perusahaan yang menjadi sampel penelitian, yang didapatkan melalui website resmi BEI, yaitu www.idx.co.id maupun website resmi masing-masing perusahaan. Data-data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji asumsi klasik sebelum dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan, leverage, dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR perusahaan. Sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengungkapan CSR memiliki pengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan dengan karakteristik perusahaan (profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, leverage, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan) sebagai variabel kontrol.
Keywords : | CSR disclosure, firm value, profitability, firm growth, leverage, firm size, firm age., pengungkapan CSR, nilai perusahaan, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, leverage, ukuran perusahaan, umur perusahaan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Nefi Safitri |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 03:38 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 03:38 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14753 |