PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2020-2022

SAFITRI, Nefi and PURWANTO, Agus,(1 July 2024), PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2020-2022. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (244kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia periode 2020-2022. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah total sampel dalam penelitian ini sebanyak 183 sampel penelitian, yang terdiri atas 61 perusahaan. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan dari laporan tahunan, laporan keuangan, serta laporan keberlanjutan (jika ada) masing-masing perusahaan yang menjadi sampel penelitian, yang didapatkan melalui website resmi BEI, yaitu www.idx.co.id maupun website resmi masing-masing perusahaan. Data-data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji asumsi klasik sebelum dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan, leverage, dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR perusahaan. Sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengungkapan CSR memiliki pengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan dengan karakteristik perusahaan (profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, leverage, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan) sebagai variabel kontrol.
Keywords : CSR disclosure, firm value, profitability, firm growth, leverage, firm size, firm age., pengungkapan CSR, nilai perusahaan, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, leverage, ukuran perusahaan, umur perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Nefi Safitri
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:38
Last Modified: 15 Jul 2024 03:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14753

Actions (login required)

View Item
View Item