ANALISIS PERBEDAAN SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA CATERING DI KOTA SEMARANG

GHALIB, Huda and SETIAWAN, Achma Hendra,(25 October 2018), ANALISIS PERBEDAAN SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA CATERING DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-12020114130077.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan penggunaan media sosial selama beberapa tahun terakhir memberikan dampak besar pada berbagai sektor, salah satunya dirasakan oleh para pengusaha catering di Kota Semarang. Adopsi penggunaan media sosial pada usaha catering memberikan dampak positif ataupun negatif pada perkembangan usaha catering di Kota Semarang. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media sosial terhadap perkembangan usaha catering di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 69 responden pengusaha catering di Kota Semarang. Guna mencapai tujuan penelitian, di dalam penelitian ini digunakan alat analisis Uji Validitas, dan Reabilitas untuk mengukur keakuratan kuesioner yang disebar, dan Uji Wilcoxon Signed Rank Test guna mengetahui apakah terdapat perbedaan akibat dampak adanya adopsi media sosial pada usaha catering di Kota Semarang. Hasil uji validitas dan reabilitas menunjukan bahwa kuesioner yang disebar kepada 69 sampel responden valid dan reliabel. Pada hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test dari 69 responden yang diteliti terlihat bahwa tingkat signifikansi yang menunjukan <0,05 artinya terdapat perbedaan yang cukup signifikan, yaitu adanya perbedaan tingkat omset, keuntungan, jumlah produksi, dan jumlah tenaga kerja akibat dari adopsi media sosial pada usaha catering di Kota Semarang. Pebedaan tersebut adalah berupa peningkatan rata - rata omset sebesar 148 persen, keuntungan sebesar 151 persen, jumlah produksi sebesar 46 persen, dan jumlah tenag kerja sebesar 72 persen.
Keywords : Catering, Social Media, Business Development, Catering, Dampak Media Sosial, Perkembangan Usaha
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 06:05
Last Modified: 23 Jan 2020 06:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item
View Item