TEJASETYANINGSIH, Nenden Amalia and SETIAWAN, Achma Hendra,(28 October 2016), ANALISIS PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP MOTIF BELANJA ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pengguna Belanja Online Kota Jakarta Timur). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat kecenderungan perubahan perilaku
konsumen terhadap motif belanja online dengan metode analisis deskriptif statistik dan
menggunakan alat analisis crosstabulation uji chi-square. Dalam penelitian ini juga
akan menjelaskan motif konsumen melakukan belanja online untuk keperluan
pendapatan atau keinginan ketika dihadapkan dengan promosi yang dilakukan pemilik
toko, kemudian akan dianalisis dengan Ekonomi Islam pada etika perilaku konsumen
muslim dan menjelaskan kaidah fikh muamalah terhadap jual beli online. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel, yakni variabel akses, selera dan
kepercayaan memiliki kecenderungan perubahan perilaku konsumen terhadap motif
belanja online. Berdasarkan hasil uji chi-square yang dilihat dari Pearson Chi-Square
value variabel akses memiliki nilai sebesar sebesar 291,987, kemudian variabel selera
memiliki nilai sebesar 255,924 dan variabel kepercayaan memiliki nilai Pearson ChiSquare
sebesar 194,962. Ketiga variabel tersebut memiliki hubungan yang positif
secara siginifikan dengan α=0,05.
Motif konsumen melakukan belanja online didapatkan bahwa sebanyak 42
responden memilih setuju melakukan belanja online karena tertarik dengan promosi
yang dilakukan penjual meskipun produk tersebut tidak dibutuhkan. Jika ditinjau pada
etika konsumen muslim hal tersebut belum sesuai karena konsumen menggunakan
pendapatannya untuk keinginan semata, tidak untuk kebutuhan. Sedangkan jual beli
online yang ditinjau dalam kaidah fikh muamalah dapat dikatakan bahwa transaksi sah
sesuai syariat jika sudah terpenuhi rukun dan syarat akad yang telah disepakati.
Keywords : | Online Shopping, consumer behavior, ethical behavior, fikh muamalah, Belanja Online, Perilaku Konsumen, Fikh Muamalah |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 07:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 07:13 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2951 |