ANALISIS PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP MOTIF BELANJA ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pengguna Belanja Online Kota Jakarta Timur)

TEJASETYANINGSIH, Nenden Amalia and SETIAWAN, Achma Hendra,(28 October 2016), ANALISIS PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP MOTIF BELANJA ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pengguna Belanja Online Kota Jakarta Timur). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – 12020112120011.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat kecenderungan perubahan perilaku konsumen terhadap motif belanja online dengan metode analisis deskriptif statistik dan menggunakan alat analisis crosstabulation uji chi-square. Dalam penelitian ini juga akan menjelaskan motif konsumen melakukan belanja online untuk keperluan pendapatan atau keinginan ketika dihadapkan dengan promosi yang dilakukan pemilik toko, kemudian akan dianalisis dengan Ekonomi Islam pada etika perilaku konsumen muslim dan menjelaskan kaidah fikh muamalah terhadap jual beli online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel, yakni variabel akses, selera dan kepercayaan memiliki kecenderungan perubahan perilaku konsumen terhadap motif belanja online. Berdasarkan hasil uji chi-square yang dilihat dari Pearson Chi-Square value variabel akses memiliki nilai sebesar sebesar 291,987, kemudian variabel selera memiliki nilai sebesar 255,924 dan variabel kepercayaan memiliki nilai Pearson ChiSquare sebesar 194,962. Ketiga variabel tersebut memiliki hubungan yang positif secara siginifikan dengan α=0,05. Motif konsumen melakukan belanja online didapatkan bahwa sebanyak 42 responden memilih setuju melakukan belanja online karena tertarik dengan promosi yang dilakukan penjual meskipun produk tersebut tidak dibutuhkan. Jika ditinjau pada etika konsumen muslim hal tersebut belum sesuai karena konsumen menggunakan pendapatannya untuk keinginan semata, tidak untuk kebutuhan. Sedangkan jual beli online yang ditinjau dalam kaidah fikh muamalah dapat dikatakan bahwa transaksi sah sesuai syariat jika sudah terpenuhi rukun dan syarat akad yang telah disepakati.
Keywords : Online Shopping, consumer behavior, ethical behavior, fikh muamalah, Belanja Online, Perilaku Konsumen, Fikh Muamalah
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:13
Last Modified: 18 Feb 2020 07:13
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2951

Actions (login required)

View Item
View Item