PUTRI, Karina Pradityas and RATNAWATI, Intan,(27 September 2011), ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, BIAYA PENDIDIKAN, DAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MELANJUTKAN STUDI PADA PROGRAM DIPLOMA III FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (299kB)
Download (299kB)
Text
Download (290kB)
Download (290kB)
Text
Download (290kB)
Download (290kB)
Text
Download (293kB)
Download (293kB)
Text
Download (293kB)
Download (293kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan tinggi merupakan salah satu prioritas terpenting bagi
sebagian besar masyarakat. Bagi sebagian masyarakat dapat menempuh
pendidikan sampai pada Perguruan Tinggi merupakan harapan yang ingin
dicapai. Memutuskan melanjutkan pendidikan sampai pada Perguruan Tinggi
maka masyarakat akan dihadapkan pada berbagai faktor yang melatar
belakangi keputusan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
faktor brand image, biaya pendidikan, dan fasilitas pendidikan berpengaruh
terhadap keputusan mahasiswa untuk melanjutkan studinya pada Program
Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Data penelitian ini dikumpulkan dari 100 mahasiswa Diploma III FE
Undip yang menjadi responden dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan
adalah accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan
kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan
sampel jika dipandang cocok.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai
berikut : Y = 0,739 X1 + 0,107 X2 + 0,168 X3. Variabel independen yang
paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel brand image
(0,739), diikuti oleh variabel fasilitas pendidikan (0,168), kemudian terakhir
adalah variabel biaya pendidikan (0,107). Hasil uji t membuktikan bahwa
variabel independen (brand image, biaya pendidikan, dan fasilitas pendidikan)
berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan melanjutkan studi
pada Program Diploma III FE Undip. Dan koefisien determinasi (adjusted R2)
yang diperoleh sebesar 0,860 hal ini berarti 86% keputusan melanjutkan studi
dapat dijelaskan oleh variabel brand image, biaya pendidikan, dan fasilitas
pendidikan, sedangkan sisanya yaitu 14% di pengaruhi oleh variabel-variabel
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : | brand image, cost of education, educational facilities, the decision to continue studies, brand image, biaya pendidikan, fasilitas pendidikan, keputusan melanjutkan studi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 08:05 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 08:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5388 |