ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, BIAYA PENDIDIKAN, DAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MELANJUTKAN STUDI PADA PROGRAM DIPLOMA III FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

PUTRI, Karina Pradityas and RATNAWATI, Intan,(27 September 2011), ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, BIAYA PENDIDIKAN, DAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MELANJUTKAN STUDI PADA PROGRAM DIPLOMA III FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A607088.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan tinggi merupakan salah satu prioritas terpenting bagi sebagian besar masyarakat. Bagi sebagian masyarakat dapat menempuh pendidikan sampai pada Perguruan Tinggi merupakan harapan yang ingin dicapai. Memutuskan melanjutkan pendidikan sampai pada Perguruan Tinggi maka masyarakat akan dihadapkan pada berbagai faktor yang melatar belakangi keputusan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor brand image, biaya pendidikan, dan fasilitas pendidikan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa untuk melanjutkan studinya pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Data penelitian ini dikumpulkan dari 100 mahasiswa Diploma III FE Undip yang menjadi responden dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,739 X1 + 0,107 X2 + 0,168 X3. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel brand image (0,739), diikuti oleh variabel fasilitas pendidikan (0,168), kemudian terakhir adalah variabel biaya pendidikan (0,107). Hasil uji t membuktikan bahwa variabel independen (brand image, biaya pendidikan, dan fasilitas pendidikan) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan melanjutkan studi pada Program Diploma III FE Undip. Dan koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,860 hal ini berarti 86% keputusan melanjutkan studi dapat dijelaskan oleh variabel brand image, biaya pendidikan, dan fasilitas pendidikan, sedangkan sisanya yaitu 14% di pengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : brand image, cost of education, educational facilities, the decision to continue studies, brand image, biaya pendidikan, fasilitas pendidikan, keputusan melanjutkan studi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:05
Last Modified: 03 Jul 2020 08:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5388

Actions (login required)

View Item
View Item