HUTAMI, Narulita Nora and SUTOPO, Sutopo,(16 June 2011), ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi kasus pada pengguna shampoo dan kondisioner SUNSILK Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (35kB)
Download (35kB)
Text
- Published Version
Download (24kB)
Download (24kB)
Text
- Published Version
Download (24kB)
Download (24kB)
Text
- Published Version
Download (32kB)
Download (32kB)
Text
- Published Version
Download (72kB)
Download (72kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan pada produk shampoo yang
semakin ketat akhir-akhir ini. Semakin banyak merek shampoo muncul menawarkan
berbagai macam khasiat dan manfaat bagi konsumen. Semakin banyaknya pilihan
shampoo bagi konsumen membuat produsen berlomba-lomba membuat produk
shampoo yang terbaik. Merek yang mempunyai citra yang baik, kualitas yang bagus
dan yang banyak dikenal masyarakat akan merajai persaingan. Sunsilk sebagi market
leader produk shampoo dalam kurun waktu 2007-2009 mengalami penurunan brand
share, TOM Ad, dan TOM Brand. Adapun yang menjadi masalah penelitian adalah
”Bagaimana meningkatkan ekuitas merek dari shampoo dan kondisioner Sunsilk?”.
Penelitian ini secara khusus menguji tiga variabel yaitu kesadaran merek, persepsi
kualitas, dan loyalitas merek untuk dapat meningkatkan ekuitas merek dari Sunsilk.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tiga variabel tersebut
terhadap ekuitas merek Sunsilk.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data diperoleh
dari penyebaran kuesioner terhadap 100 orang pengguna shampoo Sunsilk di Kota
Semarang, yang diperoleh dengan menggunakan teknik accidental sampling,
kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan
analisis data secara kuantitatif dan analisis pertanyaan terbuka. Analisis kuantitatif
meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda,
pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2).
Analisis pertanyaan terbuka merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh
dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan
memberi keterangan dan penjelasan.
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi
klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = -0,016 X1 + 0,054 X2 + 0,811 X3
Dimana variabel Ekuitas Merek (Y), variabel Kesadaran Merek (X1), variabel
Persepsi Kualitas (X2) dan variabel Loyalitas Merek (X3). Pengujian hipotesis
menggunakan uji t menunjukkan bahwa dua variabel independen, kecuali Kesadaran
Merek yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen
Ekuitas Merek. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel Kesadaran
Merek, Persepsi Kualitas dan Loyalitas Merek memang layak untuk menguji variabel
dependen Ekuitas merek. Angka Adjusted R Square sebesar 0,695 menunujukkan
bahwa 69,5 persen variasi Ekuitas merek dapat dijelaskan oleh ketiga variabel
independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 30,5 persen
dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian
ini.
Keywords : | brand equity, brand awareness, perceived quality, brand loyalty, ekuitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, loyalitas merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 04:30 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 04:30 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5834 |