LATIFAH, Viria and SETIAWAN, Achma Hendra,(9 August 2021), ANALISIS PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA, LOKASI USAHA DAN PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENDAPATAN PELAKU USAHA PADA KLASTER USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) CARICA DI KABUPATEN WONOSOBO. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (68kB)
Download (68kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (44kB)
Download (44kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (110kB)
Download (110kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (139kB)
Download (139kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (180kB)
Download (180kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan besar dalam peningkatan perkonomian nasional maupun daerah. Dalam upaya pengembangan UMKM, pemerintah daerah memberlakukan pembentukan klaster yang akan berpengaruh pada peningkatan jumlah penjualan dan pendapatan yang diterima oleh pelaku UMKM. Di Kabupaten Wonosobo, klaster yang banyak dikembangkan dan menjadi penyumbang pendapatan yang besar bagi daerah adalah klaster UMKM Carica. Tetapi, sebagai klaster utama di Kabupaten Wonosobo, klaster UMKM Carica memiliki beberapa masalah seperti UMKM lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari modal, tenaga kerja, lokasi usaha, dan pemasaran online terhadap pendapatan pelaku usaha pada Klaster UMKM Carica di Kabupaten Wonosobo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi IBM SPSS 23 dengan pendapatan sebagai variabel dependen dan empat variabel independen yaitu modal, tenaga kerja, lokasi usaha, dan pemasaran online.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel modal, tenaga kerja, dan lokasi usaha terhadap pendapatan pelaku usaha pada Klaster UMKM Carica di Kabupaten Wonosobo dengan nilai signifikansi masing-masing variabel sebesar 5,445, 5,500 dan 5,845. Sedangkan pemasaran online tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pelaku usaha pada Klaster UMKM Carica di Kabupaten Wonosobo dengan nilai signifikansi sebesar -1,130. Variabel independen secara bersama – sama mempengaruhi pendapatan pelaku usaha pada Klaster UMKM Carica di Kabupaten Wonosobo. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan pelaku usaha pada Klaster UMKM Carica di Kabupaten Wonosobo adalah variabel lokasi usaha.
Keywords : | SMEs Income, Capital, Labor, Business Location, Online Marketing, Pendapatan UMKM, Modal, Tenaga Kerja, Lokasi Usaha, Pemasaran Online |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Viria Latifah |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 09:37 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 09:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9017 |