MADIASTUTY, Rita and MAHFUDZ, Mahfudz,(30 June 2021), PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR SEBAGAI STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA (Studi pada Restoran dan Rumah Makan di Kabupaten Kendal). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (203kB)
Download (203kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (276kB)
Download (276kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (282kB)
Download (282kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (193kB)
Download (193kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (430kB)
Download (430kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan ekonomi berkelanjutan memiliki daya saing tinggi dapat diwujudkan dan dipelopori oleh kewirausahaan. Kedekatan dengan pasar dan pemenuhan
kebutuhan dengan pelanggan akan memberikan nilai tambah. Sejak beroperasinya jalan tol Semarang Batang berdampak pada penurunan jumlah pelanggan restoran dan rumah makan yang melewati jalur pantura di Kabupaten Kendal. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar dari pelaku
usaha terhadap keunggulan bersaing untuk tetap bertahan dimasa sekarang.Pada penelitian ini jumlah populasi untuk rumah makan dan restoran yang tergabung dalam PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) di Kabupaten
Kendal adalah sebanyak 72 unit usaha, survey dilakukan terhadap Supervisor, Manager restoran atau pemilik usaha pada bulan November – Desember 2020. Data
yang diperoleh diolah menggunakan SEM dengan aplikasi PLS.3.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing
memilik pengaruh terhadap kinerja bisnis. Akan tetapi orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis.
Keywords : | Entrepreneurship Orientation, Market Orientation, Compatitive Advantage, Business Performance Restaurant, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis Restauran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | RITA MADIASTUTY |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 09:07 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 09:07 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9085 |