HASTUTI, Fifi Maharyani and MARWINI, Marwini,(10 August 2023), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN MANFAAT TERHADAP MINAT ULANG MENGGUNAKAN LINKAJA SYARIAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (89kB)
Download (89kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (88kB)
Download (88kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat di era digitalisasi ini berdampak pada kehidupan masyarakat. Salah satu aspek yang sangat diuntungkan dengan perkembangan teknologi melalui internet adalah sektor keuangan. Pesatnya perkembangan uang elektronik di Indonesia telah melahirkan banyak inovasi baru, seperti adanya e-wallet. E-wallet pertama di Indonesia yang memfasilitasi berbagai jenis pembayaran sesuai kaidah syariah yaitu LinkAja Syariah. Pengguna LinkAja Syariah tidak sebanding dengan banyaknya mayoritas muslim di Indonesia.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, manfaat, dan kepuasan terhadap minat mengggunakan LinkAja Syariah. Sebanyak 170 responden berpartisipasi dalam penelitian ini, dimana data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling - Partial Least Square (PLS-SEM). Perangkat lunak SmartPLS 3.2.9 digunakan untuk menganalisis dan menghasilkan hasil yang diperlukan untuk menyimpulkan penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis data, variabel persepsi kemudahan penggunaan, manfaat, kepuasan berpangaruh dengan minat menggunakan ulang LinkAja Syariah. Namun, kemudahan penggunaan mempunyai pengaruh negative dan signifikan dengan minat menggunakan ulang. Penelitian ini membantu pihak perusahaan LinkAja Syariah untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan fitur, perusahan juga harus meningkatkan kebermanfaatan yang dirasakan pengguna dalam kegitaan sehari-hari.
Keywords : | Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Repurchase Intention, Satisfaction, Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, minat menggunakan ulang, kepuasan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Fifi Maharyani Hastuti |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 02:06 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 04:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13268 |