ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN MANFAAT TERHADAP MINAT ULANG MENGGUNAKAN LINKAJA SYARIAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

HASTUTI, Fifi Maharyani and MARWINI, Marwini,(10 August 2023), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN MANFAAT TERHADAP MINAT ULANG MENGGUNAKAN LINKAJA SYARIAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat di era digitalisasi ini berdampak pada kehidupan masyarakat. Salah satu aspek yang sangat diuntungkan dengan perkembangan teknologi melalui internet adalah sektor keuangan. Pesatnya perkembangan uang elektronik di Indonesia telah melahirkan banyak inovasi baru, seperti adanya e-wallet. E-wallet pertama di Indonesia yang memfasilitasi berbagai jenis pembayaran sesuai kaidah syariah yaitu LinkAja Syariah. Pengguna LinkAja Syariah tidak sebanding dengan banyaknya mayoritas muslim di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, manfaat, dan kepuasan terhadap minat mengggunakan LinkAja Syariah. Sebanyak 170 responden berpartisipasi dalam penelitian ini, dimana data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling - Partial Least Square (PLS-SEM). Perangkat lunak SmartPLS 3.2.9 digunakan untuk menganalisis dan menghasilkan hasil yang diperlukan untuk menyimpulkan penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data, variabel persepsi kemudahan penggunaan, manfaat, kepuasan berpangaruh dengan minat menggunakan ulang LinkAja Syariah. Namun, kemudahan penggunaan mempunyai pengaruh negative dan signifikan dengan minat menggunakan ulang. Penelitian ini membantu pihak perusahaan LinkAja Syariah untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan fitur, perusahan juga harus meningkatkan kebermanfaatan yang dirasakan pengguna dalam kegitaan sehari-hari.
Keywords : Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Repurchase Intention, Satisfaction, Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, minat menggunakan ulang, kepuasan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Fifi Maharyani Hastuti
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:06
Last Modified: 24 Aug 2023 04:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13268

Actions (login required)

View Item
View Item