HARAHAP, Nikmal Hakim and FITRIA, Shoimatul,(15 July 2024), STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA USAHA MAKANAN RINGAN “TEST KRIUUKK” DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN STRATEGY FORMULATION FRAMEWORK (Studi Kasus pada Bisnis Makanan Ringan Test Kriuukk). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (223kB)
Download (223kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (100kB)
Download (100kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (178kB)
Download (178kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (110kB)
Download (110kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (221kB)
Download (221kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis terkait pengaruh penjualan yang dilakukan secara online dan juga melakukan analisis untuk menemukan alternatif strategi pengembangan bisnis terhadap bisnis makanan ringan Test Kriuukk. Test Kriuukk sendiri merupakan usaha yang bergerak dalam bisnis jual beli makanan ringan yang berbasis di Jalan Mulawarman Utara, Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan strategy formulation framework yang dalam proses menganalisisnya menggunakan matriks SWOT (strengths,weaknesses, opportunities, and threats), matriks IE (internal eksternal), matriks SPACE (strategic position and action evaluation), dan matriks QSPM (quantitative strategic planning matrix). Penelitian ini dilakukan terhadap bisnis makanan ringan Test Kriuukk sebagai objek utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan kegiatan operasionalnya, penjualan yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan media sosial instagram dan marketplace shopee telah berkontribusi positif terhadap penjualan dari bisnis Test Kriuukk. Penggunaan kedua platform tersebut telah memberikan kontribusi penjualan sebesar 37,38% terhadap penjualan Test Kriuukk selama lima bulan terakhir. Disisi lain penelitian ini juga telah menghasilkan alternatif strategi yang dapat digunakan oleh bisnis Test Kriuukk untuk dapat terus berkembang kedepannya. Adapun strategi tersebut adalah strategi pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Untuk pelaksanaan dari strategi tersebut kedepannya, strategi yang dapat dilakukan berupa melakukan promosi dengan menggunakan media sosial dan marketplace lain, menyesuaikan harga dengan harga pasar, mengganti jenis kemasan yang digunakan, serta menambahkan variasi produk sehingga dapat menarik minat konsumen.
Keywords : | strategy formulation framework, online sales, IE, SPACE, and QSPM, kerangka perumusan strategi, penjualan online, IE, SPACE, dan QSPM |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nikmal Hakim Harahap |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:58 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:58 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14844 |