PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016)

MAHESTI, Nur Gandhi and ZULAIKHA, Zulaikha,(4 December 2018), PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030114120101.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (823kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen laba terhadap pelaporan CSR (CSR Disclosure). Penelitian ini menggunakan variabel kontrol yaitu size, leverage, dan ROA. Untuk mengukur CSR menggunakan indeks GRI G4 sedangkan untuk mengukur manajemen laba menggunakan proksi discretionary accruals. Penelitian ini menggunakan 280 perusahaan manufaktur dari tahun 20132016 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel dipilih menggunakan purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR (CSR Disclosure). Namun, berpengaruh negatif terhadap variabel kontrol yaitu size, leverage, dan ROA.
Keywords : corporate social responsibility disclosure, earnings management, discretionary accruals, pengungkapan corporate social responsibility, manajemen laba, discretionary accruals
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Elok Inajati
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:10
Last Modified: 13 Feb 2020 02:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item
View Item