ADLIYANI, Nurlita and MARSONO, Marsono,(30 November 2012), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN (TRUST) PENGGUNA INTERNET DALAM BERTRANSAKSI SECARA ONLINE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (36kB)
Download (36kB)
Text
Download (24kB)
Download (24kB)
Text
Download (24kB)
Download (24kB)
Text
Download (28kB)
Download (28kB)
Text
Download (21kB)
Download (21kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Saat ini internet menjadi media populer untuk menjalankan bisnis.
Semakin banyak masyarakat yang mengakses internet, khususnya pada situs-situs
yang menyediakan ruang untuk bertransaksi jual-beli sebuah produk. Perdagangan
melalui internet membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari konsumen
terhadap penjual. Penelitian ini digunakan untuk menguji faktor apa saja yang
dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen dalam bertransaksi online. Struktur
jaminan merupakan salah satu faktor yang dinilai dapat mempengaruhi
kepercayaan konsumen. Selain itu reputasi web vendor juga dinilai sebagai faktor
penting sebelum bertransaksi. Pengalaman konsumen dimasa lalu ketika
bertransaksi online juga mempengaruhi kepercayaan konsumen pada penjual.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa
universitas diponegoro. Sampel penelitian berjumlah 80 responden yang pernah
melakukan pembelian produk melalui internet yang diambil dari 5 fakultas
berbeda di universitas diponegoro. Alat analisis yang digunakan adalah regresi
berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur jaminan memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pengguna internet pada
sistem e-commerce. Pengaruh positif dan signifikansi juga ditunjukkan oleh
pengaruh pengalaman bertransaksi online dimasa lalu terhadap tingkat
kepercayaan pada sistem e-commerce dengan arah koefisien regresi positif.
Sedangkan pada variabel reputasi menunjukkan arah koefisien regresi positif
dengan nilai signifikansi pengujian lebih besar dari taraf signifikansi a = 0,05.
Hal ini berarti reputasi vendor memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan
terhadap kepercayaan pada sistem e-commerce.
Keywords : | trust, structural assurance, reputation, experiences., kepercayaan, struktur jaminan, reputasi, pengalaman. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 04:00 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 04:00 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3831 |