FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN (TRUST) PENGGUNA INTERNET DALAM BERTRANSAKSI SECARA ONLINE

ADLIYANI, Nurlita and MARSONO, Marsono,(30 November 2012), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN (TRUST) PENGGUNA INTERNET DALAM BERTRANSAKSI SECARA ONLINE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2C607112.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Saat ini internet menjadi media populer untuk menjalankan bisnis. Semakin banyak masyarakat yang mengakses internet, khususnya pada situs-situs yang menyediakan ruang untuk bertransaksi jual-beli sebuah produk. Perdagangan melalui internet membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari konsumen terhadap penjual. Penelitian ini digunakan untuk menguji faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen dalam bertransaksi online. Struktur jaminan merupakan salah satu faktor yang dinilai dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen. Selain itu reputasi web vendor juga dinilai sebagai faktor penting sebelum bertransaksi. Pengalaman konsumen dimasa lalu ketika bertransaksi online juga mempengaruhi kepercayaan konsumen pada penjual. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas diponegoro. Sampel penelitian berjumlah 80 responden yang pernah melakukan pembelian produk melalui internet yang diambil dari 5 fakultas berbeda di universitas diponegoro. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur jaminan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pengguna internet pada sistem e-commerce. Pengaruh positif dan signifikansi juga ditunjukkan oleh pengaruh pengalaman bertransaksi online dimasa lalu terhadap tingkat kepercayaan pada sistem e-commerce dengan arah koefisien regresi positif. Sedangkan pada variabel reputasi menunjukkan arah koefisien regresi positif dengan nilai signifikansi pengujian lebih besar dari taraf signifikansi a = 0,05. Hal ini berarti reputasi vendor memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepercayaan pada sistem e-commerce.
Keywords : trust, structural assurance, reputation, experiences., kepercayaan, struktur jaminan, reputasi, pengalaman.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:00
Last Modified: 30 Apr 2020 04:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3831

Actions (login required)

View Item
View Item