ANDINI, Prisca and RAHARDJO, Susilo Toto,(2012), Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Hyundai i20 (Studi Kasus pada Konsumen Mobil Hyundai i20 di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (561kB)
Download (561kB)
Text
Download (543kB)
Download (543kB)
Text
Download (542kB)
Download (542kB)
Text
Download (547kB)
Download (547kB)
Text
Download (567kB)
Download (567kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketatnya persaingan industri otomotif
di Indonesia dengan munculnya berbagai merek baru di pasar khususnya segmen
mobil hatchback. Hal ini berpengaruh terhadap penjualan Hyundai i20 yang
terpaut jauh dibandingkan para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh dari variabel kualitas, harga, promosi, kesadaran merek, citra merek,
kepribadian merek, dan popularitas terhadap keputusan pembelian konsumen pada
mobil Hyundai i20.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data
dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang pengguna mobil
Hyundai i20 di Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan data
secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis
melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif
merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil
pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan
penjelasan.
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi
klasik diolah dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for
Windows 16 sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y= 0,228 X1 + 0,171 X2 + 0,336 X3 + 0,171 X4 + 0,201 X5 + 0,133 X6 +0,248 X7
Dimana variabel keputusan pembelian konsumen (Y) , kualitas produk (X1),
harga (X2), promosi (X3), kesadaran merek (X4), citra merek (X5), kepribadian
merek (X6), dan popularitas (X7). Pengujian hipotesis menggunakan uji t
menunjukkan bahwa tujuh variabel independen kualitas produk, harga, promosi,
kesadaran merek, citra merek, kepribadian merek, dan popularitas berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Kemudian
melalui uji F dapat diketahui ketujuh variabel independen memang layak menguji
variabel dependen keputusan pembelian konsumen. Angka Adjusted R Square
sebesar 0,857 menunjukkan bahwa 85,7 persen variasi keputusan pembelian
konsumen dapat dijelaskan oleh ketujuh variabel independen dalam persamaan
regresi. Sedangkan sisanya 14,3 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketujuh
variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | consumer purchasing decision, quality, price, place, promotion, brand awareness, brand image, brand personality, popularity, keputusan pembelian konsumen, kualitas produk, harga, promosi kesadaran merek, citra merek, kepribadian merek, popularitas |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2020 04:54 |
Last Modified: | 12 May 2020 04:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4028 |