ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

DEWI, Ardina Cahya Kusuma and SUTOPO, Sutopo,(19 August 2014), ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Full text pdf Bookmark-12010110130191.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (766kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan dan ancaman bisnis yang terjadi di industri kosmetik dan perawatan tubuh khususnya pada produk Viva hand & body lotion. Penurunan nilai index Viva hand & body lotion dalam Top Brand Index tahun 2012-2014 mengindikasikan terdapat masalah ekuitas merek dalam produk Viva hand & body lotion. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian produk Viva hand & body lotion. Pengambilan data penelitian ini dilakukan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang responden pengguna Viva hand & body lotion di Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik Accidental Sampling dan Purposive Sampling. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dilapangan dan analisis jawaban terbuka yang diberikan oleh responden, sedangkan analisis kuantitatif meliputi : uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi ( ) . Data - data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik, diolah dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows 15 sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,441X1 + 0,335X2 + 0,325X3 + 0,284 X4 Dimana pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa keempat variabel independen yaitu kesadaran merek (X1), asosiasi merek (X2), persepsi kualitas (X3), dan loyalitas merek (X4) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian (Y). Kata kunci : keputusan pembelian, kesadaran merek, asosiasi merek, persespsi kualitas, loyalitas merek vi ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan dan ancaman bisnis yang terjadi di industri kosmetik dan perawatan tubuh khususnya pada produk Viva hand & body lotion. Penurunan nilai index Viva hand & body lotion dalam Top Brand Index tahun 2012-2014 mengindikasikan terdapat masalah ekuitas merek dalam produk Viva hand & body lotion. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian produk Viva hand & body lotion. Pengambilan data penelitian ini dilakukan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang responden pengguna Viva hand & body lotion di Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik Accidental Sampling dan Purposive Sampling. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dilapangan dan analisis jawaban terbuka yang diberikan oleh responden, sedangkan analisis kuantitatif meliputi : uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi ( ) . Data - data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik, diolah dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows 15 sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,441X1 + 0,335X2 + 0,325X3 + 0,284 X4 Dimana pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa keempat variabel independen yaitu kesadaran merek (X1), asosiasi merek (X2), persepsi kualitas (X3), dan loyalitas merek (X4) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian (Y). Kata kunci : keputusan pembelian, kesadaran merek, asosiasi merek, persespsi kualitas, loyalitas merek
Keywords : Keywords : buying decision, brand awareness, brand associations, perceived quality, brand loyalty, Kata kunci : keputusan pembelian, kesadaran merek, asosiasi merek, persespsi kualitas, loyalitas merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 05 Jun 2020 01:59
Last Modified: 05 Jun 2020 01:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4421

Actions (login required)

View Item
View Item