HARYONO, Cahyo Tri and SOESANTO, Harry,(23 September 2011), ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI PRODUK, HARGA PRODUK DAN IKLAN PRODUK PESAING TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi Pada Pengguna Rokok Sampoerna di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (159kB)
Download (159kB)
Text
Download (107kB)
Download (107kB)
Text
Download (107kB)
Download (107kB)
Text
Download (109kB)
Download (109kB)
Text
Download (139kB)
Download (139kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (656kB)
Restricted to Repository staff only
Download (656kB)
Abstract
Dunia bisnis menghadapi era baru persaingan global yang makin ketat
yang disebabkan oleh globalisasi. Globalisasi didorong oleh kemajuan pesat
dalam bidang teknologi, liberalisasi perdagangan, serta faktor-faktor lain. Lebih
jauh mengatakan bahwa dalam era globalisasi, jumlah merek dan produk yang
bersaing dalam pasar menjadi sangat banyak sehingga konsumen memiliki
beragam pilihan dan alternatif produk atau jasa yang dapat memenuhi
kebutuhannya.
Tujuan penelit ian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketidakpuasan
konsumen, kebutuhan mencari variasi, harga dan iklan produk pesaing terhadap
keputusan perpiondahan merk pada pengguna rokok Sampoerna di Kota
Semarang. Populasi dalam penelit ian ini adalah seluruh pengguna rokok
Sampoerna di kota Semarang. Adapun sampel dalam penelt iian ini sebesar 100
responden yang menggunakan rokok Sampoerna di Kopta Semarang. Alat analisis
yang digunakan adalah analisis regresi berganda yng terlebih dahulu di uji dengan
valiiditas dan reliabiloitas.
Hasil penelit ian menunjukkan bahwa nilai t hitung pada variabel
ketidakpuasan konsumen adalah sebesar 6,320 dengan tingkat signifikansi 0,029.
Karena 6,320 > 1,661 dan 0,000 < 0,05 inaka Ho ditolak dan Ha diterima.N ilai t
pada variabel kebutuhan mencari variasi adalah sebesar 5,133 dengan tingkat
signifikansi 0,000. Karena 5,133 > 1,661 dan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha
diterima. Nilai t
pada variabel harga adalah sebesar -3,442 dengan tingkat
signifikansi 0,001. Karena -3,442 > 1,661 dan 0,001 < 0,05 maka H
hitung
ditolak dan
diterima. Nilai t
pada variable iklan produk pesaing adalah sebesar 3,755 dengan
tingkat signifikansi 0,000. Karena 3,775 > 1,6611 dan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan
Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara ketidak puasan,
kebutuhan mencari variasi, harga dan iklan produk pesaing terhadap perpidahan
merk pada pengguna rokok Sampoerna di Kota Semarang.
hitung
Nilai koefisien determinasi atau R
2
yang dihasilkan adalah sebesar 0,729. Hal
ini berarti 72,9,8% variasi dari keputusan perpindahan merek bisa dijelaskan oleh
keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan
sisanya yaitu sebesar 27,2% (100% - 72,9,8% = 27,2%) dijelaskan atau diprediksi oleh
variabel lain di luar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | not satisfaction consumer, need looks for variation, price and competitor product advertisement and brand transfer decision, ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi, harga dan iklan produk pesaing dan keputusan perpindahan merk |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 03:37 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 03:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5542 |