ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI PRODUK, HARGA PRODUK DAN IKLAN PRODUK PESAING TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi Pada Pengguna Rokok Sampoerna di Kota Semarang)

HARYONO, Cahyo Tri and SOESANTO, Harry,(23 September 2011), ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI PRODUK, HARGA PRODUK DAN IKLAN PRODUK PESAING TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi Pada Pengguna Rokok Sampoerna di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A607035.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Dunia bisnis menghadapi era baru persaingan global yang makin ketat yang disebabkan oleh globalisasi. Globalisasi didorong oleh kemajuan pesat dalam bidang teknologi, liberalisasi perdagangan, serta faktor-faktor lain. Lebih jauh mengatakan bahwa dalam era globalisasi, jumlah merek dan produk yang bersaing dalam pasar menjadi sangat banyak sehingga konsumen memiliki beragam pilihan dan alternatif produk atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhannya. Tujuan penelit ian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi, harga dan iklan produk pesaing terhadap keputusan perpiondahan merk pada pengguna rokok Sampoerna di Kota Semarang. Populasi dalam penelit ian ini adalah seluruh pengguna rokok Sampoerna di kota Semarang. Adapun sampel dalam penelt iian ini sebesar 100 responden yang menggunakan rokok Sampoerna di Kopta Semarang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yng terlebih dahulu di uji dengan valiiditas dan reliabiloitas. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa nilai t hitung pada variabel ketidakpuasan konsumen adalah sebesar 6,320 dengan tingkat signifikansi 0,029. Karena 6,320 > 1,661 dan 0,000 < 0,05 inaka Ho ditolak dan Ha diterima.N ilai t pada variabel kebutuhan mencari variasi adalah sebesar 5,133 dengan tingkat signifikansi 0,000. Karena 5,133 > 1,661 dan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai t pada variabel harga adalah sebesar -3,442 dengan tingkat signifikansi 0,001. Karena -3,442 > 1,661 dan 0,001 < 0,05 maka H hitung ditolak dan diterima. Nilai t pada variable iklan produk pesaing adalah sebesar 3,755 dengan tingkat signifikansi 0,000. Karena 3,775 > 1,6611 dan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara ketidak puasan, kebutuhan mencari variasi, harga dan iklan produk pesaing terhadap perpidahan merk pada pengguna rokok Sampoerna di Kota Semarang. hitung Nilai koefisien determinasi atau R 2 yang dihasilkan adalah sebesar 0,729. Hal ini berarti 72,9,8% variasi dari keputusan perpindahan merek bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 27,2% (100% - 72,9,8% = 27,2%) dijelaskan atau diprediksi oleh variabel lain di luar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : not satisfaction consumer, need looks for variation, price and competitor product advertisement and brand transfer decision, ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi, harga dan iklan produk pesaing dan keputusan perpindahan merk
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2020 03:37
Last Modified: 07 Jul 2020 03:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5542

Actions (login required)

View Item
View Item