AMRI, Syaeful and YOESTINI, Yoestini,(16 March 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEBERSIHAN DAN KENYAMANAN DI PASAR TRADISIONAL TERHADAP PERPINDAHAN BERBELANJA DARI PASAR TRADISIONAL KE PASAR MODERN DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (80kB)
Download (80kB)
Text
Download (16kB)
Download (16kB)
Text
Download (18kB)
Download (18kB)
Text
Download (26kB)
Download (26kB)
Text
Download (26kB)
Download (26kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena munculnya
persaingan yang semakin ketat menyebabkan keberadaan pasar-pasar tradisional
makin lama makin terpinggirkan, sejalan dengan menjamurnya mall, hypermarket
dan minimarket. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian
SMERU tahun 2010, menyatakan penyebab menurunnya usaha di pasar
tradisional diantara sebagai berikut: kurangnya jumlah pembeli 67,2%,
meningkatnya persaingan dengan pedagang lain 44,8%, meningkatnya persaingan
dengan supermarket 41,8%, harga lebih tinggi 37,7%, meningkatnya persaingan
dengan minimarket 20,9%, kondisi pasar yang kian memburuk 13,8% dan lainlain.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk,
kebersihan dan kenyamanan terhadap perpindahan berbelanja dari pasar
tradisional ke pasar modern. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen
ibu-ibu dan pemudi yang pernah berbelanja di pasar tradisional dan pernah
berbelanja di pasar modern di Kota Semarang dan jumlah sampel yang ditetapkan
sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Accidental Sampling.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik
diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0,368 X1 + 0,148 X2 + 0,270 X3
Dimana variabel Perpindahan Berbelanja (Y), Kualitas Produk (X1),
kebersihan (X2), dan Kenyamanan (X3). Melalui uji F dapat diketahui bahwa
variabel kualitas produk, kebersihan, dan kenyamanan layak untuk menguji
variabel perpindahan berbelanja. Angka Adjusted R Square sebesar 0,425
menunjukkan bahwa 42,5% variasi perpindahan berbelanja dapat dijelaskan oleh
ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 57,5%
dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam
penelitian ini.
Keywords : | Displacement Shop, Product Quality, Cleanliness, and Comfort, Perpindahan Berbelanja, Kualitas Produk, Kebersihan, dan Kenyamanan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 06:48 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 06:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6638 |