ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEBERSIHAN DAN KENYAMANAN DI PASAR TRADISIONAL TERHADAP PERPINDAHAN BERBELANJA DARI PASAR TRADISIONAL KE PASAR MODERN DI KOTA SEMARANG

AMRI, Syaeful and YOESTINI, Yoestini,(16 March 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEBERSIHAN DAN KENYAMANAN DI PASAR TRADISIONAL TERHADAP PERPINDAHAN BERBELANJA DARI PASAR TRADISIONAL KE PASAR MODERN DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. sS - Fulltext PDF Bookmark - C2A008143.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena munculnya persaingan yang semakin ketat menyebabkan keberadaan pasar-pasar tradisional makin lama makin terpinggirkan, sejalan dengan menjamurnya mall, hypermarket dan minimarket. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian SMERU tahun 2010, menyatakan penyebab menurunnya usaha di pasar tradisional diantara sebagai berikut: kurangnya jumlah pembeli 67,2%, meningkatnya persaingan dengan pedagang lain 44,8%, meningkatnya persaingan dengan supermarket 41,8%, harga lebih tinggi 37,7%, meningkatnya persaingan dengan minimarket 20,9%, kondisi pasar yang kian memburuk 13,8% dan lainlain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kebersihan dan kenyamanan terhadap perpindahan berbelanja dari pasar tradisional ke pasar modern. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen ibu-ibu dan pemudi yang pernah berbelanja di pasar tradisional dan pernah berbelanja di pasar modern di Kota Semarang dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,368 X1 + 0,148 X2 + 0,270 X3 Dimana variabel Perpindahan Berbelanja (Y), Kualitas Produk (X1), kebersihan (X2), dan Kenyamanan (X3). Melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, kebersihan, dan kenyamanan layak untuk menguji variabel perpindahan berbelanja. Angka Adjusted R Square sebesar 0,425 menunjukkan bahwa 42,5% variasi perpindahan berbelanja dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 57,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : Displacement Shop, Product Quality, Cleanliness, and Comfort, Perpindahan Berbelanja, Kualitas Produk, Kebersihan, dan Kenyamanan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Elok Inajati
Date Deposited: 25 Aug 2020 06:48
Last Modified: 25 Aug 2020 06:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6638

Actions (login required)

View Item
View Item