NASTATA, Ebenezar Arya Nastata and SUGIARTO, PH,SU.,(26 June 2014), ANALISIS PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN, INDIVIDU DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL PETERONGAN SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (93kB)
Download (93kB)
Text
Download (89kB)
Download (89kB)
Text
Download (115kB)
Download (115kB)
Text
Download (116kB)
Download (116kB)
Text
Download (114kB)
Download (114kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi persaingan bisnis dalam perkembangan di era
globalisasi yang menuntut perusahaan, dalam hal ini pengelola pasar tradisional
(Dinas Pasar) harus mampu bersikap dan bertindak cepat dan tepat dalam
menghadapi persaingan.Di saat pasar modern yang banyak bermunculan saat ini
merupakan suatu fenomena sebab kehadiran berbagai perusahaan ritel ini bisa
menggembirakan para konsumen. Perusahaan ritel menawarkan berbagai hal
positif antara lain kenyamanan saat berbelanja dengan ruangan yang bersih dan
ber-AC, keamanan, kemudahan, variasi produk yang semakin beragam, dan harga
produk yang semakin murah, sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen.. Oleh karena itu, pengelola pasar tradisional dituntut bersaing secara
kompetitif dalam hal menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal
(pelanggan). Adapun masalah penelitian ini adalah “Apakah faktor-faktor yang
dapat mempengaruhi dalam pengambilan keputusan berbelanja di pasar
tradisional”. Penelitian ini secara khusus menguji faktor lingkungan, faktor
individu,faktor bauran pemasaran terhadap keputusan berbelanja.Tujuan
penelitian ini mengetahui faktor yang paling berpengaruh dalam pengambilan
keputusan berbelanja di pasar Peterongan Semarang.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data
dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang yang pernah
berbelanja di pasar tradisional dengan teknik purposive sampling.Kemudian
dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis
secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan
realibilitas, uji asumsi klasik,analisis regresi berganda,pengujian hipotesis melalui
uji t da uji F,serta analisis determinasi(RÇ).
Data-data yang telah memenuhi uji validitas,uji reliabilitas dan uji asumsi
klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y= 0,174 X1 + 0,201 X2+0,436X3
Dimana variabel keputusan berbelanja (Y),Faktor Lingkungan(X1),Faktor
Individu(X2),Faktor Bauran Pemasaran(X3).Pengujian hipotesis menggunakan uji
t menunjukkan ketiga variabel signifikan mempengaruhi keputusan berbelanja.
Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa semua variabel independen
berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja. Angka Adjusted R Square
sebesar 28% menunjukkan bahwa 28 persen variasi keputusan berbelanja dapat
dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan
sisanya 72 persen dijelaskan variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan
Keywords : | Shopping Decisions, Environmental Factors, Individuals, Mixed Marketing, Keputusan Berbelanja,Faktor Lingkungan,Individu,Bauran Pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 04:13 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 04:13 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6803 |