SUENDRO,, Ginanjar and SUGIONO, Sugiono and SULISTYIARINI, Utami Tri,(26 April 2010), ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK MELALUI KINERJA PEMASARAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (139kB)
Download (139kB)
Text (Abstrak (Inggris))
Download (308kB)
Download (308kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (307kB)
Download (307kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (135kB)
Download (135kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (356kB)
Download (356kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala
bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Persaingan bisnis dalam perkembangan di
era globalisasi menuntut perusahaan harus mampu bersikap dan bertindak cepat dan tepat
dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang bergerak sangat dinamis dan penuh
dengan ketidakpastian. Demikian juga untuk pasar batik. Dalam bisnis ini terdapat banyak
pesaing langsung. Oleh karena itu harus disikapi dengan bijak dengan memperhatikan inovasi
produk batik. Untuk itu penelitian tentang inovasi produk batik layak untuk dilakukan.
Inovasi produk batik dipilih karena kurangnya inovasi produk.
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk sebagai
upaya mempengaruhi kinerja pemasaran untuk peningkatan keunggulan bersaing
berkelanjutan. Permasalahan riset bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah research
gap dari Baker dan sinkula (1999), dengan han et al. (1998). Permasalahan kedua bersumber
dari research problem yaitu kurangnya inovasi produk (dari pra survei).
Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk yang nantinya mempengaruhi
kinerja pemasaran dan akhirnya pada terbentuknya keunggulan bersaing berkelanjutan.
Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis
yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan
menggunakan software AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil
dari responden pengusaha batik berjumlah 114 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria
goodness of fit sebagai berikut, nilai chi square =170,190; probability = 0,067; GFI = 0,862;
AGFI = 0,817; CFI = 0,979; TLI = 0,975; RMSEA = 0,040; CMIN/DF = 1,182. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa inovasi produk dapat ditingkatkan dengan meningkatkan orientasi
pelanggan, orientasi pesaing dan koordinasi lintas fungsi. Selanjutnya, inovasi produk yang
semakin tinggi akan mempengaruhi kinerja pemasaran dan selanjutnya meningkatkan
keunggulan bersaing berkelanjutan.
Keywords : | Keywords: Customer Orientation, Competitor Orientation, Coordination Of Across Function, Product Inovation, Marketing Working, and Sustainable Competitive advantages, Kata kunci : orientasi pelanggan, orientasi pesaing, koordinasi lintas fungsi, inovasi produk, kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 02:57 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 02:57 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9637 |