PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI, ORIENTASI PASAR, DAN INOVASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PERUSAHAAN ( Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Kota Semarang )

MARKUS, Novita Lely and RAHARDJO, Susilo Toto and MAHFUDZ, Mahfudz,(13 September 2018), PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI, ORIENTASI PASAR, DAN INOVASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PERUSAHAAN ( Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Kota Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (682kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (816kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (817kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (830kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (955kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta menganalisis pengaruh dari strategi diferensiasi, orientasi pasar, dan inovasi sebagai upaya membangun keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja perusahaan studi empiris pada Hotel Berbintang di Kota Semarang. Responden pada penelitian ini adalah manajer hotel berbintang di Kota Semarang, ukuran responden dalam pengisian kuesioner sebanyak 63 (enam puluh tiga) orang. Namun, karena 22 (dua puluh dua) responden tidak bersedia melakukan pengisian kuesioner karena alasan tertentu, maka ukuran sampel menjadi 41 (empat puluh satu) responden. Dalam hal ini alat yang digunakan dalam penelitian adalah analisis Partial Least Square (PLS). sebelum melakukan pengujian peneliti terlebih dahulu meguji kuesioner dengan cara uji validitas dan uji reliabilitas, uji validitas dimaksud untuk melihat kuesioner tersebut valid atau tidaknya, dan uji reliabilitas dimaksud untuk melihat pertanyaan yang dibagikan reliable atau tidaknya untuk dilakukan pengujian lebih lanjut. Temuan empiris tersebut mengindikasi bahwa strategi diferensiasi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing; orientasi pasar berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing; inovasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing; keunggulan bersaing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan; strategi diferensiasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan; inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan
Keywords : Differentiation Strategy, Market Orientation, Innovation, Competitive Advantage, Firm Performance., Strategi Diferensiasi. Orientasi Pasar. Inovasi, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 26 Apr 2021 07:40
Last Modified: 26 Apr 2021 07:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item
View Item